Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AP Logistik Mulai Incar Pendapatan Alternatif

Angkasa Pura (AP) Logistik mulai mengincar sejumlah pendapatan alternatif memanfaatkan semakin ramainya bisnis e-commerce di Indonesia.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  09:26 WIB
Petugas beraktivitas di Terminal Kargo dan Pos Bandara Jenderal Ahmad Yani yang berada di lokasi baru seusai diresmikan, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Aji Styawan
Petugas beraktivitas di Terminal Kargo dan Pos Bandara Jenderal Ahmad Yani yang berada di lokasi baru seusai diresmikan, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (23/1/2019). - ANTARA/Aji Styawan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura Logistik, anak usaha PT Angkasa Pura I, akan mencari dan memperkuat sumber pendapatan alternatif melalui ekspansi pada tahun depan di sektor logistik mulai dari ekspedisi muatan atau freight forwarder hingga express delivery atau layanan pengiriman cepat.

VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan mengatakan melalui anak perusahaannya Angkasa Pura Logistik telah mengoperasikan dua pesawat kargo atau freighter jenis ATR 72-500. Oleh karena itu pada 2021, APL berupaya mencari dan memperkuat sumber pendapatan alternatif melalui ekspansi untuk mengembangkan bisnis logistik lainnya melalui freight forwarder, warehouse dan express delivery.

“Kami melihat potensi untuk angkutan kargo ke depan baik itu domestik dan internasional memiliki potensi untuk terus meningkat. Hal ini didukung dengan semakin ramainya bisnis e-commerce di Tanah Air yang turut membawa dampak positif bagi pertumbuhan bisnis logistik,” ujarnya, Selasa (1/12/2020)

Saat ini anak usaha AP I, Angkasa Pura Logistik mencatat kinerja kargo internasional belum mengalami pemulihan hingga akhir tahun ini tetapi kargo domestik sudah mulai menunjukkan geliat pertumbuhan melebihi tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Handy mengatakan berdasarkan data yang dimiliki pada periode sepanjang 2020 telah melayani angkutan kargo domestik hingga 292.686 ton atau mengalami peningkatan hingga 36 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya dimana kami melayani 215.060 ton.

Dia melanjutkan untuk angkutan kargo internasional hanya melayani hingga 39.319 ton atau mengalami penurunan hingga 48 persen jika dibandingkan dengan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Sehingga secara umum trafik angkutan kargo domestik di 15 bandara yang kami kelola lebih baik dari tahun 2019 yang lalu dimana mengalami peningkatan hingga 36 persen. Namun hal ini tidak diikuti dengan trafik angkutan kargo internasional yang mengalami penurunan hingga 48 persen akibat pandemi Covid-19 yang mempengaruhi penerbangan asing dari dan ke Indonesia,” katanya.

Anak usaha AP I tersebut memprediksikan dapat melayani hingga 550.000 ton untuk kargo domestik dan internasional hingga akhir tahun 2020 di 15 bandara yang dikelolanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

logistik angkasa pura i
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top