Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ahok Ajak Investor Garap Blok Rokan

PT Pertamina siap menerima tawaran kemitraan dalam pengelolaan Blok Rokan.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 Desember 2020  |  19:13 WIB
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas
Fasilitas produksi Blok Rokan yang dikelola PT Chevron Pacific Indonesia, Minas, Riau. Dok: SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) bakal resmi mengelola Blok Rokan setelah proses alihkelola rampung dengan PT Chevron Pasific Indonesia pada Agustus 2021 .

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama mengatakan Pertamina akan menguasai 86 blok migas, termasuk Blok Rokan. Perusahaan migas pelat merah itu dikatakannya siap untuk menerima tawaran kemitraan dalam pengelolaan Blok Rokan.

"Pertamina kuasai 86 blok termasuk Rokan, Pertamina fully open untuk strategic partnership baik untuk hulu saja ataupun dalam grup non hulu untuk itu di Rokan, Pertamina siap partnership baik untuk IOC atau NOC. Apply proposal ke kami sekarang" kata Ahok dalam diskusi di acara 2020 International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas, Rabu (02/12/2020).

Di samping itu, Ahok menjelaskan Pertamina membuka kesempatan untuk kerja sama dalam akuisisi lahan baik untuk lahan migas ataupun lahan panas bumi agar pengembangan bisa lebih massif.

Untuk panas bumi, Ahok menyebut Pertamina siap hanya memegang porsi kemitraan minoritas dalam akuisisi lahan. Menurut dia, Pertamina tidak ingin untuk melakukan pengembangan di dalam negeri ataupun di luar negeri sendirian.

Dia menambahkan hal itu juga berlaku dalam akuisisi lapangan migas di luar negeri. Dia menjelaskan skema kemitraan akan lebih menguntungkan untuk menggali potensi yang lebih ada.

"Kami tak mau lakukan baik di dalam maupun luar negeri sendirian lagi dan juga kami butuh dukungan pemerintah bagaimana Pertamina hanya menyisihkan setidaknya 50 persen share di banyak blok migas kami," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina ahok Blok Rokan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top