Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonom: Digitalisasi Jadi Kunci Pengembangan UMKM

Ekonom Indef menilai digitalisasi dan peningkatan literasi digital sebagai kunci utama pengembangan UMKM di samping penguatan infrastruktur digital.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 November 2020  |  14:58 WIB
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis - Abdullah Azzam
Pengrajin menyelesaikan pembuatan alas sepatu di Jakarta, Jumat (17/1). Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Pengembangan UMKM dinilai membutuhkan langkah digitalisasi dan peningkatan literasi digital sebagai kunci utama.

Direktur Program Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan hal pertama yang perlu dibangun adalah infrastruktur yang mendukung peningkatan literasi digital itu sendiri, misalnya ketersediaan internet yang memadai. Jaringan internet harus merata karena bakal menjadi salah satu media utama untuk masuk dunia digital.

"Jadi, untuk meningkatkan literasi digital UMKM memang butuh upaya yang serius dari pemerintah, karena mereka, saya yakin tidak mampu kalau harus melakukannya sendiri," kata Esther, Kamis (26/11/2020).

Dia menambahkan ketika infrastruktur pendukung telah terbangun, selanjutnya yang perlu dilakukan yakni menyediakan tarif yang murah sehingga dapat lebih luas diakses oleh UMKM. Perlu ada tarif yang terjangkau bagi pelaku UMKM.

Esther melanjutkan perlu adanya pelatihan dan pembinaan bagi UMKM yang difasilitasi oleh pemerintah. Dengan melek digital, UMKM akan dapat akses permodalan dan pasar lebih mudah, karena keduanya kerap menjadi permasalahan yang biasa dihadapi.

Dia memaparkan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian nasional karena meskipun skala usahanya mikro, kecil, dan menengah, tapi kontribusi UMKM cukup signifikan.

Menurut data Indef, UMKM berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan bagi 120,9 juta. Kemudian UMKM juga berkontribusi terdapat Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar Rp14 triliun. UMKM juga memberi kontribusi investasi hingga Rp2 triliun dan Rp4 triliun terhadap investasi nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm umkm digitalisasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top