Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenko Marves Bahas Urgensi Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan

Dokumen RPJMN 2020-2024 mengamanatkan target ekspor hasil perikanan tahun ini mencapai US$6,2 miliar dan meningkat menjadi US$8 miliar pada 2024.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 24 November 2020  |  18:08 WIB
Kemenko Marves Bahas Urgensi Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan
Penjual menyusun dagangan ikan di Pasar Palima Palembang, Sumsel, Sabtu (3/10/2020). - ANTARA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kemenko Marves bersama dengan kementerian/lembaga terkait membahas urgensi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk kelautan dan perikanan.

Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi (Rakor) Bidang Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan, Selasa (24/11/2020).

“Kegiatan pemasaran merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, termasuk dalam sektor perikanan,” kata Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves Safri Burhanuddin.

Safri menjelaskan bahwa pemasaran dapat meningkatkan nilai tambah dari suatu komoditas yang dapat mengarahkan pada peningkatan pembagian hasil yang berupa keuntungan bagi produsen, pedagang perantara hingga konsumen.

Terkait dengan ini, pemerintah berperan sebagai mediator dan stabilisator hubungan antara produsen dan konsumen.

“Dalam hal ini, kegiatan pemasaran produk yang baik akan berpengaruh pada peningkatan nilai PDB, nilai ekspor dan juga nilai konsumsi. Dalam dokumen RPJMN 2020-2024, pertumbuhan PDB perikanan ditargetkan mencapai 8,7 persen dan pada tahun 2020 diasumsikan targetnya adalah 5 persen,” katanya.

Dokumen yang sama juga mengamanatkan target ekspor hasil perikanan tahun ini mencapai US$6,2 miliar dan meningkat menjadi US$8 miliar pada 2024.

“Sektor produk perikanan mengalami pertumbuhan di masa pandemi [Januari – September 2020] sebesar 8,82 persen," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri perikanan pemasaran
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top