Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Profil Janet Yellen: Mantan Bos The Fed Jadi Calon Menkeu Wanita Pertama di AS

Jika dikonfirmasi oleh Senat, Janet Yellen akan menjadi wanita pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang memegang posisi Menteri Keuangan. Ini profil dan prestasi Janet Yellen.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 24 November 2020  |  11:06 WIB
Mantan Gubernur The Fed Janet Yellen  -  Business Week
Mantan Gubernur The Fed Janet Yellen - Business Week

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden memasukkan nama Janet Yellen dalam nominasi menteri keuangan Amerika Serikat pada kabinet yang akan dia pimpin.

Jika dikonfirmasi oleh Senat, dia akan menjadi wanita pertama yang memegang posisi dalam sejarah AS. Ekonom berusia 74 tahun ini sebelumnya menjabat sebagai kepala bank sentral Amerika atau The Federal Reserve (The FED). Yellen juga pernah menjadi penasihat ekonomi saat pemerintahan Presiden AS Bill Clinton.

Dikutip dari BBC Selasa (24/11/2020), kinerja Yellen menjadi sorotan kala membantu mengarahkan pemulihan ekonomi pascakrisis keuangan 2007 dan resesi AS.

Lantas siapa Yellen sehingga membuatnya layak dinominasikan sebagai Menkeu AS? Kala menjabat pimpinan The Fed, Yellen dikenal karena lebih memusatkan perhatian pada dampak kebijakan bank terhadap pekerja dan biaya meningkatnya ketidaksetaraan di Amerika.

Donald Trump menentang tradisi Washington pada 2018 dan memilih untuk tidak menunjuk Yellen untuk masa jabatan empat tahun kedua di The Fed.

Dimulai dengan Bill Clinton pada 1990-an, presiden tetap menggunakan pemimpin bank yang ditunjuk oleh pendahulunya dalam upaya untuk mendepolitisasi bank.

"Sejak meninggalkan jabatannya pada 2018, Yellen telah berbicara tentang perubahan iklim dan perlunya Washington berbuat lebih banyak untuk melindungi ekonomi AS dari dampak pandemi virus Covid-19," tulis BBC seperti dikutip Bisnis, Selasa (24/11/2020).

Profil Janet Yellen

Janet Yellen lahir pada 1946 di Brooklyn, New York. Ayahnya berprofesi sebagai seorang dokter dan ibunya bekerja sebagai guru.

Saat sekolah, Yellen merupakan murid berprestasi di bidang matematika. Dia kemudian mengganti minatnya ke ekonomi karena dinilai lebih berguna secara praktis dalam kehidupan.

Saat kuliah untu mendapat gelar doktor di Yale University, dia dibimbing oleh James Tobin. Tobin merupakan pemenang Nobel yang terkenal dengan idenya tentang perpajakan.

Seusai menyelesaikan kuliah, Yellen bekerja sebagai asisten profesor di Harvard pada 1971. Sewaktu dia bekerja di The Fed dia juga seorang profesor di University of California, Berkeley, AS.

Dia menikah dengan George Arkerlof, pemenang Nobel bidang ekonomi yang ditemuinya saat bekerja sebagai peneliti di The Fed pada medio 1970-an. Mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang saat ini bekerja sebagai profesor ekonomi.

Yellen menjadi wanita pertama yang menempati posisi pemimpin The Fed. Jabatan tersebut merupakan puncak profesi ekonomi di AS yang kemudian menjadikannya ikon feminis di dunia ekonomi.

Apakah Senat AS akan menerima rekomendasi Presiden Joe Biden untuk menjadikan Janet Yellen sebagai Menkeu perempuan pertama di Amerika? Mari kita tunggu hasilnya! 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat gubernur the fed janet yellen Joe Biden
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top