Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Permintaan Properti Komersial Kuartal III Meningkat

Perkembangan bisnis properti komersial pada kuartal III tahun ini menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan pertumbuhannya pada kuartal sebelumnya, masing-masing dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy).
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 23 November 2020  |  13:32 WIB
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta./Bisnis - Arief Hermawan
Pemandangan gedung bertingkat di Jakarta./Bisnis - Arief Hermawan

Bisnis.com, JAKARTA – Permintaan properti komersial pada kuartal III tahun ini meningkat, berdasarkan Survei Perkembangan Properti Komersial yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Berdasarkan survei tersebut, indeks permintaan properti komersil pada kuartal III/2020 tumbuh 0,36 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya yang 0,20 persen (yoy).

Meski naik, indeks permintaan properti komersial pada kuartal III/2020 lebih rendah daripada kuartal III/2019 yang 0,89 persen (yoy).

Kenaikan tersebut ditopang oleh perbaikan permintaan pada kategori sewa terutama karena adanya peningkatan pada segmen kompleks pergudangan sejalan dengan peningkatan kebutuhan pergudangan di Jakarra dan Bodetabek.

"Ini khususnya dari perusahaan e-commerce dan alat kesehatan," tulis dalam survei tersebut.

Meskipun masih kontraksi, segmen hotel dan convention hall menunjukkan perbaikan permintaan didorong beragam promosi seperti diskon harga, paket staycation, working from home, dan paket akad pernikahan new normal.

Perlambatan yang terjadi pada kategori jual dipengaruhi oleh perlambatan pada segmen perkantoran strata dan lahan industri.

Sementara itu, apabila dilihat secara kuartal, indeks permintaan properti komersial pada kuartal III/2020 tumbuh 0,33 persen (qtq), membaik dari kuartal sebelumnya yang -0,07% (qtq).

"Peningkatan permintaan terutama didorong oleh kategori sewa pada seluruh segmen dengan perbaikan tertinggi pada terjadi segmen hotel dan kompleks pergudangan [properti logistik] yang masing-masing tumbuh 33,79 persen (qtq) dan 0,90 persen (qtq)," tulis survei tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkantoran bisnis properti perhotelan
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top