Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI: Ekonomi Indonesia Berpotensi Positif di Kuartal IV

Kondisi ini akan didorong oleh kegiatan ekonomi dan transaksi keuangan yang kembali pulih dan juga perkembangan keuangan digital pada akhir tahun ini hingga tahun depan.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 19 November 2020  |  14:55 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Selasa (14/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia melihat pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV/2020 dan seterusnya di tahun depan akan kembali positif.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menuturkan kondisi ini akan didorong oleh kegiatan ekonomi dan transaksi keuangan yang kembali pulih dan juga perkembangan keuangan digital pada akhir tahun ini hingga tahun depan.

"Kami memperkirakan pertumbuhan PDB akan mulai positif dan akan sangat naik pada tahun depan," kata Perry, Kamis (19/11/2020).

Dia juga menambahkan kondisi juga ditopang oleh transaksi pembayaran digital, nilai transaksi Oktober tumbuh positif 14 persen, dan digital banking 10,5 persen pada september 2020.

Dia yakin pertumbuhan ini berlanjut di akhir 2020 seiring perbaikan aktivitas ekonomi.

"Kami juga berharap belaja musiman akhir tahun juga naik. Apalagi preferensi transaksi digital juga meningkat," ujar Perry.

Dalam RDG November ini, BI melihat pertumbuhan ekonomi domestik juga membaik sejalan meningkatnya realisasi stimulus fiskal dan mobilitas masyarakat, serta membaiknya permintaan global.

Ekonomi Indonesia pada kuartal III/2020 membaik yang tercermin pada pertumbuhan sebesar 5,05 persen quarter to quarter (qtq) dari kontraksi 4,19 persen (qtq), atau berkurangnya kontraksi pertumbuhan menjadi 3,49 persen year-on-year (yoy) dari 5,32 persen (yoy) pada kuartal sebelumnya.

"Meningkatnya realisasi stimulus dan membaiknya mobilitas masyarakat menopang perbaikan permintaan domestik secara bertahap baik konsumsi maupun investasi," katanya

Sementara itu, kinerja ekspor juga membaik, didorong permintaan global terutama dari AS dan China.

Perbaikan ekonomi domestik yang terus berlanjut tercermin pada perkembangan positif sejumlah indikator pada Oktober 2020, seperti mobilitas masyarakat, penjualan eceran nonmakanan dan online, PMI Manufaktur, serta pendapatan masyarakat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Pertumbuhan Ekonomi pemulihan ekonomi
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top