Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Program Bina Marga Bantu Ekonomi Masyarakat Selama Pandemi

Salah satu program yang dijalankan adalah pelibatan padat karya dalam sejumlah proyek untuk membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.
Ilustrasi jalan rusak
Ilustrasi jalan rusak

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjalankan sejumlah program kerja untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian menjelaskan ada beberapa program kerja padat karya untuk membantu perekonomian masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

"Kami melakukan program padat karya tunai misalnya pembangunan drainase jalan dengan anggaran sekitar Rp1 triliun untuk sekitar 5.000 jalan nasional. Selain itu kami juga membeli produk hasil UMKM," ujarnya dalam webinar Shell Bitumen di Indonesia, Bangun Konektivitas, Dukung Pertumbuhan Ekonomi, Rabu (18/11/2020).

Ada beberapa jenis produk usaha mikro kecil dan menengah yang dibeli oleh Dirjen Bina Marga, diantaranya yaitu bokar atau bahan olahan karet petani dengan nilai mencapai Rp120 miliar.

Kemudian asbuton, dimana penggunaan material ini masih lebih rendah dibandingkan penggunaan aspal untuk proyek jalan di dalam negeri.

Material yang disebut cold paving hot mix asbuton (CPHMA) ini melibatkan sekitar 96 usaha mikro kecil dan menengah yang ada di dalam negeri.

"Anggarannya sekitar Rp200 miliar, dimana sudah melibatkan sebanyak 13.000 tenaga kerja," ujarnya.

Adapun selama pelaksanaan proyek ini Kementerian PUPR tetap menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh pekerja, dimana pelaksana proyek harus mematuhi protokol 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper