Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terminal Tirtonadi Bakal Punya Sport Center hingga Convention Hall

Kemenhub melakukan pembenahan Terminal Tirtonadi Solo dengan memberikan beberapa fasilitas penunjang mulai dari sport center hingga convention hall.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 18 November 2020  |  13:44 WIB
Anggota brimob melakukan patroli pengamanan Lebaran 2016 di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/6).  - Antara
Anggota brimob melakukan patroli pengamanan Lebaran 2016 di Terminal Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/6). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pembangunan fasilitas penunjang di lantai 2 Terminal Tipe A Tirtonadi Solo ditargetkan selesai akhir tahun ini. Fasilitas penunjang tersebut meliputi sport center, food court, dan convention hall.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Imran Rasyid berharap pembangunan fasilitas penunjang di Terminal Tirtonadi dapat selesai akhir tahun ini. Pembangunan prasarana infrastruktur di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo tidak bisa hanya mengejar waktu penyelesaian saja tapi harus memperhatikan kualitas bangunan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam kontrak.

"Pagu anggaran untuk pembangunan yang dibiayai dana APBN sebesar Rp40 miliar dengan jangka waktu pelaksanaan 5 bulan dan akan berakhir pada Desember 2020," ujarnya dalam siaran pers, Rabu (18/11/2020).

Imran melihat perkembangan pembangunan sport center seluas 1.512 m² yang mampu menampung 300 penonton tribun. Sport center nantinya dapat digunakan untuk olahraga basket, bulutangkis dan futsal.

Pembangunan convention hall seluas 3.564 m². Lokasi ini dapat digunakan untuk kegiatan yang dapat disewakan seperti pameran, konvensi sampai event besar karena mampu menampung 2.500 orang berdiri atau 1.500 orang duduk. Adapun, food court dengan luas 720 m² akan menampung 12 tenant dengan 150 pengunjung.

Sementara itu, Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengungkapkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Surakarta, organisasi-organisasi keolahragaan, serta komunitas seni budaya.

‘’Kami akan rangkul semua pihak terutama Pemkot Surakarta sebagai pemangku wilayah di terminal agar ke depan fasilitas penunjang di terminal ini bisa dimanfaatkan bagi masyarakat luas dan memberikan nilai tambah, tapi tanpa mengurangi tugas pokok dan fungsi terminal sebagai simpul transportasi,’’ kata Joko.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Solo terminal bus
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top