Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

INKA Luncurkan Manufacture Institute

INKA meluncurkan Manufacture Institute untuk mengembangkan kompetensi SDM lulusan SMK/vokasi serta mempersiapkan talenta-talenta yang kompetitif. Program ini merupakan wujud link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 November 2020  |  06:06 WIB
Peluncuran INKA Manufacture Institute.  - INKA
Peluncuran INKA Manufacture Institute. - INKA

Bisnis.com, JAKARTA - INKA meluncurkan Manufacture Institute untuk mengembangkan kompetensi SDM lulusan SMK/vokasi serta mempersiapkan talenta-talenta di masa depan yang kompetitif. Program ini merupakan wujud link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri.

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro mengatakan salah satu realisasi dari program Manufacture Institute ini adalah Peningkatan Prodi Diploma 3 menjadi Sarjana Terapan dan Program SMK-Diploma II Jalur Cepat yang segera dibuka, yaitu Program Studi D2 Pembentukan Logam. Sebagai pilot project, INKA menggandeng Politeknik Negeri Madiun dan SMK PGRI 1 Mejayan.

"Ke depan, kami berencana untuk memperbanyak cakupan program studi D2 secara bertahap dan tentunya akan bisa diikuti oleh seluruh SMK Binaan PT INKA," ujar Budi seperti dikutip dalam keterangan pers INKA, Senin (16/11/2020).

Peluncuran Program Manufacture Institute ini merupakan penugasan dari Kementerian BUMN. Hal ini terwujud dengan perjanjian kerja sama yang melibatkan Dirjen Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud RI, PT INKA (Persero), Poltikenik Negeri Madiun dan SMK Binaan PT INKA (Persero).

Kerja sama tersebut juga mencakup Peluncuran Program SMK-Diploma 2 Jalur Cepat, Program Peningkatan Prodi Diploma 3 menjadi Sarjana Terapan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, “Melalui program ini, siswa bebas memilih lulus di akhir tahun ketiga atau melanjutkan ke Diploma II jalur cepat. Lalu melalui Program Peningkatan Prodi Diploma Tiga menjadi Sarjana Terapan (Diploma Empat-D4), peserta didik berkesempatan menambah satu tahun untuk mendapatkan keterampilan yang lebih dalam sehingga berpeluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.”

Sebagai industri yang terus berkembang, INKA berkomitmen untuk turut serta memajukan dunia pendidikan melalui program-program vokasi yang telah dan sedang berjalan, di antaranya:

1.Kelas Teaching Industry yang berjalan sejak 2019;
2.Magang bagi mahasiswa dan dosen;
3.Program Penelitan dan Pengembangan antara INKA dan Perguruan Tinggi; dan
4.Pemberdayaan SMK melalui Program Lengan Produksi INKA.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inka Pendidikan Vokasi
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top