Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Harapan PHRI Jika PSBB Dicabut

PHRI menilai pencabutan status PSBB tersebut penting setelah banyaknya kegiatan industri yang tertahan serta berlangsungnya inkonsistensi pemerintah dalam melakukan pengawasan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 16 November 2020  |  18:38 WIB
Fasilitas protokol kesehatan di loby hotel di Kota Bogor. ANTARA/Bisnis - dok hotel
Fasilitas protokol kesehatan di loby hotel di Kota Bogor. ANTARA/Bisnis - dok hotel

Bisnis.com, JAKARTA – Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran berharap geliat industri pariwisata dapat membaik jika Pemerintah DKI Jakarta mencabut status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurutnya, pencabutan status PSBB tersebut penting setelah banyaknya kegiatan industri yang tertahan serta berlangsungnya inkonsistensi pemerintah dalam melakukan pengawasan di saat pelaku usaha menjalankan penerapan protokol dengan baik.

"Karyawan pun terus menjadi korban seiring dengan inkonsistensi tersebut. Pasalnya, pajak tetap ditarik, operasional dan jumlah kunjungan dibatasi, di saat pemerintah tidak menjalankan protokol dengan konsisten," ujar Maulana kepada Bisnis.com, Senin (16/11/2020).

Maulana menambahkan pelaku usaha hotel dan restoran akan melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan apabila pemerintah mencabut ketentuan PSBB.

Pengawasan tersebut, lanjutnya, penting bagi pelaku usaha untuk memberikan legitimasi bahwa penerapan protokol di sektor pariwisata berjalan dengan baik sehingga tidak menurunkan minat berwisata.

Pelaku usaha, kata Maulana, sudah menjalankan pedoman sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan dan melakukan pengawasan internal (karyawan dan vendor) serta mewajibkan tamu melaksanakan program 3M.

Sebagai informasi, selama 8 bulan dihantam pandemi Covid-19, okupansi hotel dan restoran berada di titik terendah dengan rata-rata kunjungan di bawah 20 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pariwisata Covid-19 Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top