Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Segera Uji Coba Bikin Diesel 100 Persen dari Sawit

Saat ini Pertamina dalam tahap penyiapan sarana dan fasilitas uji coba yang dijadwalkan selesai pada pekan ketiga November.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 November 2020  |  18:35 WIB
Kilang Cilacap milik Pertamina - Reuters/Darren Whiteside
Kilang Cilacap milik Pertamina - Reuters/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Refinery Unit IV Cilacap bakal menguji coba produksi diesel berbahan baku 100 persen kelapa sawit atau Green Diesel 100 persen pada akhir November 2020.

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan menjelaskan green diesel tersebut akan dibuat berbahan dasar refined bleached deodorized palm oil (RBDPO/minyak sawit).

Saat ini Pertamina dalam tahap penyiapan sarana dan fasilitas uji coba yang dijadwalkan selesai pada pekan ketiga November.

“Tahapan diawali persiapan sarana penerimaan RBDPO melalui Jetty 67 [dermaga] menuju tanki RBDPO dilanjutkan persiapan sarana feed stock RBDPO ke unit pemprosesan di Unit TDHT [treated distillate hydro treating] untuk diolah menjadi green diesel,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat (13/11/2020).

Tahap berikutnya, kata Hatim, persiapan sarana produksi di unit TDHT, berupa penggunaan katalis Merah Putih sebagai hasil kerja sama Pertamina dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), serta modifikasi line dan sarana.

“Tahap persiapan ditargetkan selesai di pekan ketiga sehingga pada pekan keempat November diharapkan uji coba produksi green diesel ini bisa dilaksanakan,” katanya.

Pada tahap uji coba kapasitas produksi D-100 di unit TDHT ini 3.000 barel per hari. Pertamina RU IV Cilacap saat ini mengembangkan tiga produk green energy masing-masing green diesel, green gasoline, dan green avtur.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina green energy
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top