Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia dan Chile Kerja Sama Produk Halal

Pemerintah Indonesia dan Chile akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang Jaminan Produk Halal (JPH) guna membidik pasar ekspor.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 08 November 2020  |  15:25 WIB
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) adalah sebuah badan yang terbentuk di bawah naungan Kementerian Agama.  - Halal.go.id
Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) adalah sebuah badan yang terbentuk di bawah naungan Kementerian Agama. - Halal.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Chile akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di bidang Jaminan Produk Halal (JPH) guna membidik pasar ekspor.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Sukoso mengatakan MoU akan ditandatangani kedua pihak dalam gelaran Indonesia-Latin America and Caribbean (INA-LAC) Business Forum atau Forum Bisnis Indonesia-Amerika Latin dan Karibia 2020 pada 9-11 November 2020.

"Sekitar 62% wilayah Asia Pasifik merupakan pangsa pasar halal dunia dan Indonesia berada di wilayah ini sebagai negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia," katanya Sukoso dalam keterangan tertulis Minggu (8/11/2020).

Kerja sama ini merupakan kelanjutan dari komunikasi yang telah dilakukan secara intensif dengan negara Amerika Latin dan Karibia, khususnya pada pertemuan pada 2019 di Denpasar, Bali.

Komunikasi yang intens juga terjadi antara Kedutaan Besar Chile di Jakarta dan dilanjutkan dengan Kementerian Luar Negeri serta Duta Besar RI di Santiago, Chile.

Sukoso mengatakan saat ini halal sudah menjadi tren global. Konsumsi produk halal terus meningkat, dan itu tidak hanya dilakukan kalangan Muslim, tetapi juga masyarakat non muslim di dunia.

Pemahaman mengenai sertifikasi halal mulai meluas di kawasan Amerika Latin untuk membidik pasar ekspor dan pariwisata bagi komunitas Muslim di negara masing-masing.

"Saat ini produk halal bukan hanya untuk negara dengan penduduk muslim saja. Sebab, halal sudah menjadi gaya hidup global," terang Sukoso.

Hal ini ditandai dengan pemahaman terkait dengan sertifikasi halal yang meningkat. Sejumlah lembaga sertifikasi halal yang dikelola nonpemerintah banyak tersedia seperti Instituto Halal di Meksiko, Certvalue yang beroperasi di Argentina-Brasil-Peru-Chile-Meksiko, Fambras Halal di Brasil, Integrated Assessment Services (IAS) yang beroperasi di sejumlah negara di Amerika Latin, Chili Halal di Chile.

Di sejumlah negara di Amerika Latin, juga terdapat Islamic Centres yang dapat berperan juga untuk melakukan audit dan sertifikasi produk halal.

Sebelumnya, dalam gelaran Indonesia International Halal Dialogue (IHD) 2020 yang diadakan BPJPH pada 29 Oktober 2020, Duta Besar RI untuk Chile Muhammad Anshor juga menyatakan bahwa ekspor produk halal menjadi perhatian dan prioritasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chile produk halal
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top