Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tempo Scan Dekati LIPI Kembangkan Vaksin Covid-19

PT Tempo Scan membuka sinyal kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangan produk kesehatan.
Laboratorium BSL-3 LIPI memiliki infrastruktur yang lengkap dan telah bersertifikasi sesuai standar WHO. /LIPI
Laboratorium BSL-3 LIPI memiliki infrastruktur yang lengkap dan telah bersertifikasi sesuai standar WHO. /LIPI

Bisnis.com, JAKARTA — PT Tempo Scan membuka sinyal kerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam pengembangan produk kesehatan.

Wakil Presiden Director PT Tempo Scan Made Darma Wijaya mengatakan membangun kemandirian dalam konteks menghadapi Covid-19 merupakan salah satu langkah memajukan bangsa.

“Kemandirian bangsa dalam hal ini adalah bagaimana kita menyediakan alat-alat yang dibutuhkan dan relevan terhadap Covid-19, termasuk diagnostik test seperti rapid test yang berbasis antibodi maupun antigen serta diskusi pengembangan vaksin,” katanya melalui siaran pers, Jumat (6/11/2020).

Belum lama ini perseroan pun berkesempatan mengunjungi kantor LIPI, Made mengungkapkan kekagumannya terhadap kemampuan dari peneliti LIPI dan kapasitas yang mereka miliki saat ini.

Menurutnya, LIPI memiliki kemampuan di hulu dalam hal pengembangan sumber daya dan fasilitas yang memadai. Sementara perseroan memiliki kemampuan pengembangan produk dan pasar yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk itu, peluang terjadinya kerjasama akan terbuka lebar dengan kemampuan yang saling melengkapi sehingga bisa melahirkan produk-produk merah putih untuk masyarakat Indonesia.

“Saya melihat potensi kerjasama yang terbuka untuk PT. Tempo Scan dengan LIPI ini sangat besar sekali dari ketiga bidang yaitu vaksin, herbal, dan produk yang berbasis maritim,” ujarnya.

Salah satu peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI Wien Kusharyoto pun menyambut baik peluang tersebut. Menurutnya, penting sekali menjalin kerjasama di bidang penyediaan fasilitas untuk memenuhi GMP atau Good Manufacturing Practice.

“GMP adalah cara memproduksi yang baik, dalam hal ini vaksin. Kerja sama untuk GMP menjadi penting dan sesuai syarat dari BPOM yang harus dipenuhi. Kerja sama tersebut dapat dilakukan dengan PT Tempo Scan,” katanya.

Sementara itu, LIPI saat ini pun turut berupaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan optimalisasi fasilitas laboratorium BSL-3 untuk deteksi sampel virus terduga SARS-CoV-2. Laboratorium BSL-3 LIPI memiliki infrastruktur yang lengkap dan telah bersertifikasi sesuai standar WHO.

Sejak 20 April 2020 lalu, LIPI telah memulai uji QRT-PCR atau Quantitative Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction untuk sampel klinis dan telah mendapatan persetujuan dari Kementerian Kesehatan RI sebagai laboratorium pemeriksa Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) SARS-CoV2.

LIPI banyak memiliki fasilitas laboratorium untuk uji klinis herbal, seperti di Pusat Penelitian Kimia dan di Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI salah satunya laboratorium yang dikelola oleh Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Laboratorium tersebut dimanfaatkan untuk uji klinis immunomodulator dari produk herbal, seperti terumbuh karang, dan Laboratorium IVD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper