Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Belum Satu Bulan, Erick Thohir Angkat 3 Mantan Timses Jokowi Jadi Komisaris BUMN

Ketiga orang tersebut masing-masing menjadi komisaris di PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT PLN, dan Jasa Raharja.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  10:01 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penjelasan kepada media massa usai rapat rapat tertutup dengan Komisi VI DPR di Komplek Gedung DPR MPR, Jakarta, Senin (14/9/2020). - Bisnis/Dhiany Nadya Utami
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan penjelasan kepada media massa usai rapat rapat tertutup dengan Komisi VI DPR di Komplek Gedung DPR MPR, Jakarta, Senin (14/9/2020). - Bisnis/Dhiany Nadya Utami

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menunjuk tiga mantan tim sukses Presiden Joko Widodo ke dalam jajaran komisaris perusahaan pelat merah.

Ketiga mantan timses tersebut diangkat dalam kurun waktu kurang dari satu bulan. Mereka masing-masing menjadi komisaris di PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, PT PLN, dan Jasa Raharja.

Berdasarkan keterangan resmi yang didapat pada Sabtu (24/10/2020), Kementerian BUMN mengangkat Ulin Ni’am Yusron sebagai Komisaris Independen PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development (ITDC).

Penetapan Komisaris Independen tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Nomor: SK-319/MBU/10/2020 tanggal 08 Oktober 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komsisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia.

Ulin Ni’am Yusron mengisi posisi yang ditinggalkan oleh Donni Aldian, yang sebelumnya telah ditunjuk menjadi Komisaris Independen ITDC. Melalui SK yang sama, Pemegang Saham juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Donni Aldian sebagai Komisaris Independen ITDC terhitung sejak 8 Oktober 2020.

Sebelum diangkat sebagai Komisaris Independen, Ulin Ni’am Yusron berkarir sebagai wartawan di Kontan hingga tahun 2008. Kemudian, ia mendirikan situs Beritasatu.com dan bertahan sampai 2013.

Selain itu, ia sempat menggeluti dunia private investigation dan menjadi konsultan beberapa media online dalam rentang waktu 2009-2013.

Sebelumya, ia juga aktif dalam Pilpres tahun 2019 lalu sebagai salah satu anggota tim media sosial pasangan calon Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Erick juga menunjuk Eko Sulistiyo ke dalam jajaran dewan komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Pengangkatan tersebut tercantum dalam SK-330/MBMU/10/2020 tertanggal 9 Oktober 2020.

Adapun Eko merupakan mantan Deputi IV Kantor Staf Kepresidenan (KSP) periode 2014-2019. Dalam catatan, Ekon juga pernah menjadi tim sukses Jokowi sejak menjadi walikota Solo.

Yang terbaru, Erick Thohir mengangkat Dyah Kartika Rini atau Kartika Djoemadi sebagai Komisaris Independen PT Jasa Raharja (Persero). Dyah Kartika Rini merupakan relawan yang sudah lama mendukung Joko Widodo sejak pemilihan gubernur DKI DKI Jakarta 2012.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi komisaris kementerian bumn erick thohir
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top