Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian ESDM Kebut Penyelesaian Aturan Turunan UU Minerba

Pemerintah tengah menyusun tiga rancangan peraturan pemerintah sebagai aturan turunan dari UU Minerba.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  15:30 WIB
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS). - Istimewa
Fasilitas pengolahan bijih emas PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tengah mempercepat proses penerbitan aturan turunan dari Undang-Undang Mineral dan batu bara.

Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin mengatakan bahwa setelah diterbitkannya UU Minerba, pemerintah diberi waktu untuk membuat aturan pelaksanaannya sebagai turunan dari UU Minerba.

"Kami targetkan selesai dalam 6 bulan," katanya dalam sebuah webinar pada Selasa (27/10/2020).

Adapun, pemerintah tengah menyusun tiga rancangan peraturan pemerintah (RPP) yang meliputi RPP tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan, RPP tentang Wilayah Pertambangan, dan RPP tentang Pembinaan dan Pengawasan serta Reklamasi dan Pascatambang dalam Penyelenggaraan Pengelolaan Usaha Pertambangan.

Ridwan mengemukakan bahwa satu dari tiga RPP yang disusun sudah memasuki tahap harmonisasi yakni tentang RPP Kewilayahan yang sedang dalam proses menuju penyelesaian.

"Semoga proses ini berjalan lancar dan tidak persulit pelaku industri," ungkapnya.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif menuturkan bahwa kementerian telah menyelesaikan pembahasan draf RPP dan ditargetkan akan rampung dalam pada Desember 2020.

Khusus RPP Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan menjadi prioritas dan akan diselesaikan lebih cepat karena mengatur terkait pelayanan perizinan.

"Sudah selesai kami bahas, tapi belum final itu adalah PP terkait pengusahaan.  Menteri nyatakan harus selesai Desember tahun ini," katanya dalam webinar, Kamis (29/7/2020).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mineral uu minerba
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top