Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Manado–Bitung Berbayar Mulai 30 Oktober 2020

Pengguna jalan Manado–Bitung di Sulawesi Utara bakal segera dikenakan tarif. Ini besarannya. Tarif ditetapkan mulai Rp1.111 per kilometer.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  14:06 WIB
Salah satu interchange di ruas jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. - PT Jasa Marga
Salah satu interchange di ruas jalan tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara. - PT Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasamarga Manado Bitung, anak perusahaan Jasa Marga yang mengelola ruas tol Manado–Bitung di Sulawesi Utara, segera menetapkan tarif kepada pengguna jalan tol tersebut.

Direktur Utama JMB George Manurung menjelaskan bahwa pengguna tol Manado–Bitung bakal dikenakan tarif mulai Rp1.111 per kilometer pada 30 Oktober 2020 pukul 00.00 WITA.

"Tarif yang dikenakan bagi pengguna tol Manado–Bitung Rp1.111 perkilometer. Misalnya dari Manado ke Danowudu atau rute paling jauh saat ini itu sekitar Rp29.500, kemudian Manado ke Airmadidi Rp12.000 untuk kendaraan golongan 1," ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Senin (26/10/2020).

Manurung menjelaskan bagi kendaraan jenis truk sumbu 2 dan 3 yang masuk golongan 3 itu dikenakan tarif 1,5 kali lebih besar dari kendaraan golongan 1, misalnya untuk tarif truk rute Manado ke Danowudu dikenakan tarif Rp44.000.

Sementara untuk kendaraan golongan 4 dan golongan 5 tarifnya ditetapkan dua kali lipat dari tarif kendaraan golongan 1, misalnya truk dari rute Manado ke Danowudu dikenakan tarif Rp58.500.

Untuk sosialisasi tentang penerapan tarif ini, JMB melakukan sejumlah upaya misalnya memasang pengumuman di media sosial dan media luar ruang seperti spanduk di jalur tol Manado–Bitung.

"Selain itu, kami lakukan focus group discussion dengan pemda-pemda di Sulawesi Utara dan melakukan beberapa kali konferensi pers dengan media lokal dan nasional," kata Manurung.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol jasa marga
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top