Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lewati Masa Krisis, Investasi di Kuartal Tiga Mulai Bangkit

Bisa dipastikan pemulihan investasi pada kuartal III/2020 berasal dari pertumbuhan investasi di sisi penanaman modal dalam negeri dan luar negeri. Meskipun demikian, realisasi investasi asing tahun ini masih terkontraksi 5,1 persen.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  13:36 WIB
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis - Abdullah Azzam
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi Indonesia mulai mengalami tanda-tanda pemulihan. BKPM mencatat realisasi investasi Januari - September telah mencapai Rp611,6 triliun atau tumbuh sebesar 1,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Angka ini, menurut catatan Bisnis, sedikit melampaui realisasi investasi periode yang sama tahun lalu sebesar Rp601,3 triliun.

Dari total realisasi tersebut, investasi dalam negeri mencapai Rp309,9 triliun atau tumbuh 9,3 persen (year on year/yoy) dan investasi luar negeri Rp301,7 triliun, kontraksi 5,1 persen (yoy) dibandingkan tahun lalu.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan masa krisis investasi di era pandemi Covid-19 sudah terlewati.

"Kritis kita itu di kuartal kedua, di mana realiasi investasi kita hanya Rp191 triliun," ujar Bahlil dalam konferensi pers, Jumat (23/10/2020).

Pada kuartal III/2020, investasi Indonesia tercatat sebesar Rp209 triliun tumbuh 8,9 persen (quarter to quarter/qtq) dari kuartal sebelumnya sebesar Rp191,9 triliun dan 1,6 persen (yoy) dari tahun sebelumnya. Secara rinci, pada kuartal ketiga ini, tampak kenaikan investasi berasal dari penanaman modal dalam negeri dan luar negeri yang masing-masing sebesar 9,1 persen dan 8,7 persen.

Dengan demikian, bisa dipastikan pemulihan investasi pada kuartal III/2020 berasal dari pertumbuhan investasi di sisi penanaman modal dalam negeri dan luar negeri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bkpm
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top