Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Erick Thohir Tugasi 4 BUMN Investasi Energi Masa Depan

Erick telah menugasi PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), MIND ID, dan PT Bukit Asam Tbk. untuk bertransformasi dari energi fosil.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 Oktober 2020  |  13:17 WIB
Energi terbarukan - Istimewa
Energi terbarukan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menugasi perusahaan-perusahaan pelat merah yang bergerak di sektor energi untuk berinvestasi dalam hal transformasi energi.

Erick mengatakan, pihaknya telah menugasi PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), MIND ID, dan PT Bukit Asam Tbk. untuk bertransformasi dari energi fosil.

"Kami terus lakukan transfrmasi di bidang ketahanan energi dengan mengembangkan EV [electric vehicle] battery, sinergisitas refinary dan petrokimia, serta implementasi transisi yang jelas dan terpadu untuk peralihan dari sumber daya fosil ke energi terbarukan sesuai dengan potensi cadangan yang kita miliki dan kebutuhan energi kita ke depan," katanya dalam Tempo Energy Day 2020, Kamis (22/10/2020).

Erick mengatakan bahwa transformasi tersebut telah terjadi dengan adanya implementasi biodiesel 30 persen (B30) yang sudah berjalan dan percepatan program gasifikasi batu bara untuk menjadi metanol untuk mengurangi impor liquified natural gas (LPG) hingga 6 juta ton per tahun.

Selain itu, dari kelistrikan telah terjadi percepatan program pembangunan pembangkit listrik tenaga surya antara PLN dengan Masdar perusahaan asal Uni Emirat Arab dengan kapasitas sebsar 145 megawatt (MW) dan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Erick menambahkan bahwa pihaknya tengah memetakan potensi-potensi energi baru dan terbarukan yang ada di Indonesia dengan memanfaatkan momentum pandemi Covid-19.

"Kita harapkan Indonesia yang memiliki sumber daya alam dan sumber energi yang melimpah ini mampu memanfaatkan pemberian dari Allah bagi kesejahteraan, bagi masyarakat, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan erick thohir
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top