Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Ekonomi, Masuk Zona Resesi, Neraca Dagang September Surplus US$2,44 Miliar dan Utang Indonesia Peringkat 10 Besar

Berita masuk zona resesi, neraca dagang September cetak surplus US$2,44 miliar jadi berita terpopuler kanal Ekonomi hari ini, Kamis (15/10/2020).
Laras Devi Rachmawati
Laras Devi Rachmawati - Bisnis.com 15 Oktober 2020  |  16:09 WIB
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7 - 2020).
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kecuk Suhariyanto memberikan keterangan saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (1/7 - 2020).

1. Masuk Zona Resesi, Neraca Dagang September Cetak Surplus US$2,44 Miliar

Tren surplus neraca perdagangan Indonesia berlanjut pada Agustus 2020 di tengah tekanan akibat pandemi Covid-19.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan September 2020 mengalami surplus US$2,44 miliar, lebih tinggi dari sebelumnya US$2,33 miliar pada Agustus 2020.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Utang Indonesia Masuk Peringkat 10 Besar, Ini Pembelaan Sri Mulyani

Pemerintah merespons laporan Bank Dunia berjudul International Debt Statistics (IDS) 2021 yang menempatkan Indonesia di daftar 10 negara dengan utang luar negeri terbesar.

Laporan yang terbit pada 12 Oktober 2020 ini berisi data dan analisis posisi utang negara di dunia di mana dalam salah satu bagian laporan menyebutkan perbandingan beberapa negara berpendapatan kecil dan menengah dengan Utang Luar Negeri (ULN) terbesar, termasuk Indonesia.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Bu Sri Mulyani! Bank Dunia Catat Utang Indonesia Terbesar Ke-7 Sedunia

Bukan prestasi yang membanggakan, Indonesia masuk ke dalam daftar 10 negara berpendapatan kecil dan menengah yang memiliki utang terbesar di dunia.

Hal tersebut terungkap dalam laporan International Debt Statistics (IDS) 2021 atau Statistik Utang Internasional yang dirilis Bank Dunia pada Selasa malam (13/10/2020).

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Siap-Siap! BPS Rilis Neraca Dagang Pukul 11.00 Siang Ini

Badan Pusat Statistik akan mengumumkan tiga data ekonomi pada hari ini, Kamis (15/10/2020).

Tiga data tersebut, yaitu perkembangan ekspor dan impor Indonesia September 2020, perkembangan upah pekerja/buruh September 2020, dan luas panen dan produksi padi di Indonesia 2020.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Teken Pembelian Vaksin Covid-19 dengan Indonesia, Bos AstraZeneca Ungkap Komitmennya

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia dan perusahaan biofarma global yang berbasis di Cambridge, Inggris, AstraZeneca mengadakan pertemuan untuk membahas penyediaan calon vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca dengan merk dagang AZD1222.

Kedua pihak juga menandatangani Letter of Intent dengan tujuan untuk menyetujui perjanjian pembelian awal (Advance Purchase Agreement) sebelum akhir Oktober.

Baca berita selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Berita Terpopuler
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top