Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Infrastruktur Pacu Kawasan Industri, Proyek Perumahan Mengikuti

Langkah masif membangun infrastruktur akan menggenjot kawasan industri dan pada gilirannya menumbuhkan bisnis perumahan. Wilayah Pantura di timur Jakarta hingga Karawang dan Subang tengah dalam proses pertumbuhan tersebut.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  20:54 WIB
Kepadatan perumahan di Jakarta mendorong perkembangan bisnis residensial ke wilayah timur Jakarta hingga Karawang dan Subang, seiring pula dengan perkembangan kawasan industri./Bloomberg - Muhammad Fadli
Kepadatan perumahan di Jakarta mendorong perkembangan bisnis residensial ke wilayah timur Jakarta hingga Karawang dan Subang, seiring pula dengan perkembangan kawasan industri./Bloomberg - Muhammad Fadli

Bisnis.com, JAKARTA – Proyek pembangunan infrastruktur dinilai dapat menopang pertumbuhan kawasan industri beserta propertinya.

Pengamat bisnis Ali Tranghanda berpendapat saat ini mulai berkembang properti di kawasan industri akibat maraknya pembangunan infrastruktur yang sudah sangat maju.

"Jadi, memang sangat potensial sekali pembangunan kawasan industri. Apalagi perumahan Karawang atau Subang, di sana berbasis industri yang ada saat ini," ujarnya di Jakarfta pada Jumat (9/10/2020).

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch tersebut, saat ini pembangunan properti yang masif berada di kawasan industri koridor timur Jakarta.

Dia menilai salah satu untuk meningkatkan geliat properti di kawasan industri yakni dengan memasifkan infrastruktur.

"Kalau infrastruktur konektivitasnya ada, pasti kawasan industrinya berkembang," ungkap Ali Tranghanda.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar mengaku yakin kehadiran proyek Pelabuhan Patimban di Pantura Kabupaten Subang, Jawa Barat, dapat mendongkrak sektor properti di daerah sekitarnya.

Dalam pandang Sanny yang juga Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri itu, kawasan industri di sekitar Pelabuhan Patimban bakal mendukung kegiatan ekspor impor.

Sementara itu, Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) Jawa Barat Joko Suroto berpandangan seiring dengan pertumbuhan kawasan industri yang sejalan dengan kehadairan Pelabuhan Patimban, perumahan juga bakal bertumbuhan di wilayah tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perumahan kawasan industri
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top