Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bantuan Lebih dari Rp3 Triliun Dikucurkan bagi Pesantren, untuk Apa Saja Uangnya?

Jumlah anggaran yang telah dikucurkan kepada pesantren di antaranya lebih dari Rp900 miliar. Pemerintah juga memberikan dana senilai Rp2,4 triliun bagi seluruh pesantren untuk menghadapi pandemi Covid - 19.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 Oktober 2020  |  10:37 WIB
Panitia mendata sejumlah santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor asal Banten yang akan kembali ke kampus mereka di Ponorogo di Stadion Maulana Yusuf Serang, Banten, Jumat (19/6/2020). - Antara \n\n
Panitia mendata sejumlah santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor asal Banten yang akan kembali ke kampus mereka di Ponorogo di Stadion Maulana Yusuf Serang, Banten, Jumat (19/6/2020). - Antara \\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan pesantren maupun para santri di tengah pandemi Covid - 19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa perhatian pemerintah tercermin dari kebijakan anggaran yang diberikan kepada pesantren maupun santri.

"Perhatian ini muncul atau terlihat dari berbagai anggaran dan kebijakan di berbagai kementerian dan lembaga," kata Sri Mulyani, Kamis (1/10/2020).

Sri Mulyani kemudian merinci jumlah anggaran yang telah dikucurkan kepada pesantren di antaranya lebih dari Rp900 miliar. Pemerintah juga memberikan dana senilai Rp2,4 triliun bagi seluruh pesantren untuk menghadapi pandemi Covid - 19.

Khusus untuk Covid -19, lanjut Sri Mulyani, pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk pembangunan sanitasi hingga air bersih. Tujuannya supaya santri bisa lebih nyaman saat belajar di pesantren.

"Ini yang dilakukan langsung oleh pemerintah, kita juga mendukung dari sisi intenet," ujarnya.

Sri Mulyani juga memaparkan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk mendorong kemanjuan pesantren. Program beasiswa untuk santri telah diberikan. Di sisi lain, pemerintah juga mulai mengembangkan perekonomian di kalangan santri termasuk dalam pengembangan sawit.

"Kalau kita bicara tentang pesantren tadi yang sudah disampaikan, kita tentu tidak melihat hanya dari anggaran pemerintah di dalam mendukung kegiatan belajar mengajar pesantren," tukasnya

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani pesantren covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top