Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Rampung, Ini Proyek PUPR untuk Dukung Pariwisata di Sulut

Sejumlah proyek pendukung ini bakal mendorong pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Manado dan Likupang.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 29 September 2020  |  14:56 WIB
Pantai Pulisan di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Lokasi ini ditetapkan menjadi KEK Pariwisata dan akan mengundang investor termasuk dari luar negeri. - Antara
Pantai Pulisan di Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Lokasi ini ditetapkan menjadi KEK Pariwisata dan akan mengundang investor termasuk dari luar negeri. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah proyek jalan tol Manado—Bitung ruas Manado—Danowudu rampung dikerjakan serta resmi beroperasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga mendukung pengembangan pariwisata setempat melalui sejumlah proyek.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa sejumlah proyek pendukung ini bakal mendorong pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional Manado dan Likupang.

"Pembangunan yang sedang dilakukan antara lain jalan akses Manado—Likupang, penataan kawasan Likupang, penataan kawasan Bunaken, penataan kawasan Pantai Malalayang di Manado," ujarnya dalam sambutan peresmian tol Manado-Bitung yang ditayangkan secara virtual Selasa (29/9/2020).

Kemudian, pembangunan 463 inap keluarga (homestay) bagi masyarakat di kawasan pariwisata, jembatan di Mariso, Manado, serta penambahan kapasitas pengolahan air minum di Malalayang.

Selanjutnya ada juga proyek pembangunan tempat pembuangan akhir sampah regional Mamitarang, dan juga program pengendalian banjir Manado dan sekitarnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kawasan Manado—Bitung dikembangkan secara terintegrasi termasuk pembangunan infrastruktur untuk mendorong pengembangan pariwisata di daerah itu.

"KSPN [Kawasan strategis pariwisata nasional] wisata Manado—Likupang akan makin mudah dijangkau, kami harap pariwisata di Sulut menjadi lebih baik lagi nanti setelah pandemi ini berakhir," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KEK Likupang
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top