Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Survei MarkPlus Inc. : Shopee Kuasai Peta Persaingan E-commerce

Shopee mengungguli e-commerce lainnya dari sisi penggunaan tertinggi hingga yang paling diingat konsumen selama kuartal III/2020
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 September 2020  |  15:01 WIB
Shopee - Shopee
Shopee - Shopee

Bisnis.com, JAKARTA – Shopee menguasai peta kompetisi e-commerce Indonesia dengan penggunaan tertinggi, mengungguli Tokopedia, Lazada, sampai Bukalapak.

Hal tersebut didapatkan dari riset perusahaan konsultan marketing, MarkPlus, Inc., ‘Peta Persaingan E-commerce di Indonesia Kuartal III/2020’, Kamis (17/9/2020). Total responden pada survei ini sebanyak 500 orang di beberapa kota besar di Indonesia. 

“Dari riset tersebut, Shopee menjadi e-commerce pemimpin pasar pada kuartal III, dengan 90 persen responden menyatakan Shopee sebagai brand yang pernah digunakan dalam tiga bulan terakhir,” kata Head of High Tech, Property & Consumer Goods Industry MarkPlus, Inc. Rhesa Dwi Prabowo.

Setelah Shopee, ada Tokopedia dengan proporsi 58 persen, Lazada 35 persen, Bukalapak 22 persen, Blibli 14 persen, dan JD.id 13 persen.

Selain itu, Shopee juga menjadi e-commerce dengan top of mind atau paling diingat konsumen dengan 71 persen, diikuti Tokopedia 15 persen, Lazada 8 persen, Bukalapak 2 persen, serta JD.id dan Blibli 1 persen.

Menurut Rhesa, alasan sebuah brand e-commerce dapat diingat dengan mudah adalah kemampuannya dalam merilis berbagai rangkaian kampanye untuk menarik perhatian konsumen.

Dia menambahkan kampanye-kampanye tersebut bertujuan memperkuat interaksi dengan konsumen. Interkasi yang kuat nantinya bakal membangun loyalitas dari konsumen terhadap brand e-commerce.

“Itu yang dilakukan Shopee. Selain paling diingat oleh para konsumen, Shopee juga menjadi platform yang banyak digunakan oleh pelaku usaha untuk menjalankan bisnis online-nya. Banyaknya pelaku usaha yang masuk ke ranah online membuat produk yang dijual di Shopee juga lebih variatif sehingga berhasil memimpin hasil riset dalam penjualan beberapa kategori produk,” sambungnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce shopee
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top