Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

First Welding, Pertagas Kejar Penyelesaian Pipa Minyak WK Rokan

Mengawali alih kelola Blok Rokan yang direncanakan 2021, Pertamina melalui subholding gas telah memulai konstruksi pipa, yang ditandai dengan first welding (pengelasan perdana) di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu (9/9/2020).
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 13 September 2020  |  23:30 WIB
First Welding, Pertagas Kejar Penyelesaian Pipa Minyak WK Rokan
Jaringan pipa gas - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengawali alih kelola Blok Rokan yang direncanakan 2021, Pertamina melalui subholding gas telah memulai konstruksi pipa, yang ditandai dengan first welding (pengelasan perdana) di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu (9/9/2020).

"Pengelasan perdana ini menandai segera dimulainya konstruksi pipa minyak Wilayah Kerja Rokan," ujar Corporate Secretary Pertagas Fitri Erika, Minggu (13/9/2020).

Dia menyatakan Pertamina Gas berkomitmen melakukan pembangunan infrastruktur pipa minyak dan gas di tengah keadaan darurat Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini membuktikan optimisme kami untuk merampungkan proyek strategis nasional ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Erika.

Proyek pembangunan pipa sepanjang kurang lebih 360 kilometer dengan diameter 4-24 inch ini ditargetkan rampung pada 2021. Selain melalui Kabupaten Siak, pipa ini nantinya akan melintas di lima kabupaten/kota di Propinsi Riau, yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Rokan Hilir.

Pertagas sebagai anak usaha PT PGN Tbk, secara proaktif juga melakukan sosialisasi, koordinasi, dan komunikasi dengan pemangku kepentingan terkait di lima kabupaten kota dan Provinsi Riau khususnya.

“Dukungan seluruh stakeholders tentunya sangat kami harapkan agar pembangunan proyek strategis nasional ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Erika menambahkan, penyelesaian penggantian pipa minyak eksisting milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ini memiliki arti strategis bagi pemerintah. Selain mendukung program pemerintah dalam peningkatan lifting dari Blok Rokan yang merupakan backbone (sepertiga) produksi minyak bumi nasional, sekaligus satu blok terbesar di Indonesia.

“Kami mendapatkan penugasan dari Pertamina selaku holding migas, agar pembangunan pipa ini bisa selesai dan siap beroperasi bersamaan alih kelola Blok Rokan dari CPI ke Pertamina,” ujarnya.

Erika melanjutkan, proyek penggantian pipa minyak Rokan ini juga dilakukan melalui sinergi anak perusahaan Pertamina Grup. Pelaksana konstruksi dilakukan oleh Konsorsium PT PGN Solution-PT Patra Drilling Contractor (KPP). Selain itu, proyek ini juga melibatkan sinergi antar BUMN. Pertagas pun menggandeng PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam pengadaan material pipa minyak Blok Rokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertagas tukang las pt pertamina Blok Rokan
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top