Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

First Welding, Pertagas Kejar Penyelesaian Pipa Minyak WK Rokan

Mengawali alih kelola Blok Rokan yang direncanakan 2021, Pertamina melalui subholding gas telah memulai konstruksi pipa, yang ditandai dengan first welding (pengelasan perdana) di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu (9/9/2020).
Jaringan pipa gas/Bloomberg
Jaringan pipa gas/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Mengawali alih kelola Blok Rokan yang direncanakan 2021, Pertamina melalui subholding gas telah memulai konstruksi pipa, yang ditandai dengan first welding (pengelasan perdana) di Kelurahan Kandis Kota, Kandis, Kabupaten Siak, Riau, pada Rabu (9/9/2020).

"Pengelasan perdana ini menandai segera dimulainya konstruksi pipa minyak Wilayah Kerja Rokan," ujar Corporate Secretary Pertagas Fitri Erika, Minggu (13/9/2020).

Dia menyatakan Pertamina Gas berkomitmen melakukan pembangunan infrastruktur pipa minyak dan gas di tengah keadaan darurat Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan ini membuktikan optimisme kami untuk merampungkan proyek strategis nasional ini dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Erika.

Proyek pembangunan pipa sepanjang kurang lebih 360 kilometer dengan diameter 4-24 inch ini ditargetkan rampung pada 2021. Selain melalui Kabupaten Siak, pipa ini nantinya akan melintas di lima kabupaten/kota di Propinsi Riau, yaitu Dumai, Bengkalis, Siak, Kampar, dan Rokan Hilir.

Pertagas sebagai anak usaha PT PGN Tbk, secara proaktif juga melakukan sosialisasi, koordinasi, dan komunikasi dengan pemangku kepentingan terkait di lima kabupaten kota dan Provinsi Riau khususnya.

“Dukungan seluruh stakeholders tentunya sangat kami harapkan agar pembangunan proyek strategis nasional ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Erika menambahkan, penyelesaian penggantian pipa minyak eksisting milik PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) ini memiliki arti strategis bagi pemerintah. Selain mendukung program pemerintah dalam peningkatan lifting dari Blok Rokan yang merupakan backbone (sepertiga) produksi minyak bumi nasional, sekaligus satu blok terbesar di Indonesia.

“Kami mendapatkan penugasan dari Pertamina selaku holding migas, agar pembangunan pipa ini bisa selesai dan siap beroperasi bersamaan alih kelola Blok Rokan dari CPI ke Pertamina,” ujarnya.

Erika melanjutkan, proyek penggantian pipa minyak Rokan ini juga dilakukan melalui sinergi anak perusahaan Pertamina Grup. Pelaksana konstruksi dilakukan oleh Konsorsium PT PGN Solution-PT Patra Drilling Contractor (KPP). Selain itu, proyek ini juga melibatkan sinergi antar BUMN. Pertagas pun menggandeng PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam pengadaan material pipa minyak Blok Rokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper