Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandangan Sri Mulyani Soal PSBB: Kesehatan Harus Menjadi Fokus Utama

Melihat dimensi pengaruh Covid-19 yang luar biasa, Sri Mulyani menilai dimensi kesehatan dan strategi pemulihan ekonomi tidak bisa dipisahkan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 11 September 2020  |  12:04 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pemaparan dalam acara pertemuan bisnis bersama Kementerian Keuangan di Jakarta, Jumat (7/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan pemaparan dalam acara pertemuan bisnis bersama Kementerian Keuangan di Jakarta, Jumat (7/2/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dapat memberikan dampak serius terhadap perekonomian, meskipun protokol ini penting untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Namun, PSBB atau bahkan di berbagai negara mereka melakukan penutupan total atau lockdown memberikan dampak yang luar biasa serius terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat," ujar Sri Mulyani dalam acara penyambutan mahasiswa baru ITB, Kamis (10/9/2020).

Dia mengungkapkan PSBB yang diberlakukan di Indonesia pada Maret hingga Mei telah memberikan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan. Pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua mengalami kontraksi yang cukup dalam, yakni 5,3 persen.

"Pertumbuhan negatif ini mengambarkan aktivitas ekonomi baik dari sisi permintaan, apakah itu konsumsi, investasi, ekspor dan bahkan kegiatan pemerintah mengalami penurunan," ujarnya.

Tidak hanya itu saja, dampak lainnya tampak pada produksi sektor pertanian, perdagangan, manufaktur, transportasi hingga sektor jasa. Di sisi sosial, kemiskinan dan PHK menjadi dampak yang nyata.

Dalam menggodok kebijakan, dia mengaku pemerintah melihat aspek pandemi, aspek permintaan hingga produksi atau pasokan. Sri Mulyani juga menegaskan bahwa dalam menghadapi pandemi ini, sisi kesehatan harus menjadi prioritas.

Melihat dimensi pengaruh Covid-19 yang luar biasa, dia menilai dimensi kesehatan dan strategi pemulihan ekonomi tidak bisa dipisahkan.

"Tantangan kesehatan harus menjadi fokus utama."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top