Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sri Mulyani Sebut Disinformasi Kian Deras karena Orientasi Jumlah Hits

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai orientasi mencari klik bait atau jumlah hits dalam pemberitaan oleh media menjadi penyebab dari disinformasi yang kian mainstream.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 22 Agustus 2020  |  11:00 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Bisnis - Arief Hermawan P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai orientasi mencari klik bait atau jumlah hits dalam pemberitaan oleh media menjadi penyebab disinformasi yang kian mainstream. Menurutnya, hal tersebut tidak saja menjadi tantangan bagi industri media massa, tapi juga bagi negara.

"Ada disinformasi yang di-mainstream-kan. Klik bait atau jumlah hits yang menjadi KPI menjadi penyebab. Saya sering menjadi victim judul yang bombastis. Judulnya apa isinya apa. Kalau ada Sri Mulyani ngomong sesuatu yang kontroversial pasti diklaim," ujar Sri dalam Pembukaan Kongres Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) di Jakarta, Sabtu (22/8/2020).

Merajalelanya hoaks, ujarnya, merupakan permasalahan yang berpotensi memecah belah masyarakat akibat terpapar misorientasi sehingga sangat berbahaya bagi negara. Bahkan, Amerika Serikat dengan usia demokrasinya yang sudah lebih dari 200 tahun masih kelimpungan dalam menghadapi misinformasi yang beredar.

Sri Mulyani mengatakan pemerintah akan membuat kebijakan mengenai penyaluran belanja iklan pemerintah ke seluruh media. Selain itu, Kementerian Keuangan juga mencoba melakukan penilaian terkait dengan hal tersebut.

"Media massa menjadi satu intsrumen penting yang memberikan edukasi, pemahaman, dan pemikiran baru. Kami berharap policy yang all out ini didukung oleh seluruh ekosistem," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sri mulyani indrawati Hits hoax Asosiasi Media Siber Indonesia
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top