Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tengok, Ini Deretan Mall Ibukota Milik Konglomerat

Dari total tersebut, ada sekitar 25 Mall beroperasi di Jakarta Selatan. Sementara itu, Jakarta Pusat sebagai titik utama hanya ada 20 Mall. Adapun sisa mall tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  09:43 WIB
Loading the player ...
Ini Dia Konglomerat Pemilik Mall di Jakarta. Bisniscom - Pandu Gumilar

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mencatat ada 80 mall yang beroperasi di ibukota sampai Agustus 2020.

Dari total tersebut, ada sekitar 25 Mall beroperasi di Jakarta Selatan. Sementara itu, Jakarta Pusat sebagai titik utama hanya ada 20 Mall. Adapun sisa mall tersebar di Jakarta Utara, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Oleh karena PSBB, batas maksimum okupansi setiap mall saat ini hanya 50 persen. Begitu pun dengan jam operasional yang dibatasi sampai pukul 20.00 WIB.

Nah diantara 80 mall itu, beberapa diantaranya terafiliasi dengan para konglomerat. Namun akibat PSBB, beberapa perusahaan mencatatkan penurunan kinerja sampai semester I/2020.

Misalnya saja PT Summarecon Agung Tbk. (SMRA) yang mencatatkan penurunan pendapatan 18,35 persen ke Rp2,16 triliun. Segmen mall dari pihak berelasi menyumbang Rp8,05 miliar atau turun 67,35 persen year-on-year (yoy).

Sementara itu, segmen mall dari pihak ketiga menyumbang Rp386,08 miliar turun 44,72 persen yoy. Pengembang lain yaitu PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) 8 mall bergengsi di Ibukota juga mengalami nasib yang sama.

Pendapatan APLN pada semester I/2020 turun 12 persen yoy ke Rp1,72 triliun. Nasib serupa juga dialami oleh PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) yang mengalami koreksi 2,4 persen menjadi Rp5,28 triliun.

Sumber kekayaan 2019 versi Forbes.com
*Sumber kekayaan 2018 versi Global Asia

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konglomerat mall
Editor : David Eka Issetiabudi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top