Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tip UMKM Maksimalkan Komunikasi Demi Sukses Bisnis

Platform kolaborasi, Lark menilai bahwa adaptasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendigitalisasi bisnis, bukan hanya memanfaatkan pasar daring, tetapi termasuk cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 Agustus 2020  |  19:50 WIB
Selebgram Salshabilla Adriani, Lebih Pilih Endorse dan Promo Berbayar Produk UMKM. - Instagrm
Selebgram Salshabilla Adriani, Lebih Pilih Endorse dan Promo Berbayar Produk UMKM. - Instagrm

Bisnis.com, JAKARTA – Platform kolaborasi, Lark menilai bahwa adaptasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendigitalisasi bisnis, bukan hanya memanfaatkan pasar daring, tetapi termasuk cara berkomunikasi dengan pegawai yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas.

Menyadari pentingnya digitalisasi UMKM, Joey Lim, VP Lark Commercial Asia mengatakan bahwa bahwa dengan kebiasaan memanfaatkan platform komunikasi yang terintegrasi, maka pelaku UMKM pun akan mendapatkan manfaat dengan meningkatnya efisiensi dan produktivitas para pegawai.

"Dengan masih diberlakukannya pembatasan bepergian, pelaku usaha harus bisa beradaptasi dan terbiasa dengan komunikasi jarak jauh, yang sebelumnya seringkali dilakukan melalui tatap muka. Teknologi dan produk komunikasi berbasis digital membantu kita untuk bisa tetap melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dari segi waktu dan cost,” tuturnya lewat rilisnya.

Dia pun menyebutkan bahwa terdapat lima manfaat yang perlu diketahui para pelaku UMKM agar kolaborasi tim bisa lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Pertama, selalu terhubung tanpa hambatan dengan tim.

Komunikasi yang dibangun secara terus menerus akan mempererat hubungan antar pegawai. Dengan interaksi fisik yang dibatasi seperti saat ini, fitur messenger atau chat menjadi sangat penting.

Kedua, koordinasi tatap muka melalui layar perangkat teknologi.

Saat ini, kebanyakan pelaku bisnis sudah mulai beradapatasi dengan menggunakan video call sebagai pengganti dari pertemuan fisik. Jadi, diskusi soal pekerjaan bisa dilaksanakan tanpa batas dan bisa tetap berkomunikasi dengan lancar.

Ketiga, mempersiapkan rencana dan strategi pemasaran bersama meski tidak bertemu

Selain memanfaatkan pasar daring, pelaku UMKM juga perlu memiliki strategi bisnis - baik itu pemasaran, penjualan, atau konsep untuk produk baru -  yang berkelanjutan untuk memastikan bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar.

Keempat, pastikan tidak ada pekerjaan yang terlewat.

Disiplin soal waktu menjadi salah satu kebiasaan penting yang perlu dimiliki oleh setiap pengusaha. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk memastikan pekerjaan Anda tidak ada yang terlewat.

Kelima, sinkronisasikan surat elektronik dengan mudah

Asosiasi Pengguna Jasa Internet tahun 2016 menyebutkan setidaknya ada 100 juta pengguna email di Indonesia. Hal ini menunjukkan surat elektronik masih menjadi komponen penting dalam komunikasi profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi usaha kecil Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top