Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo I Salurkan PKBL Rp8,92 miliar di Semester I/2020

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan nilai total Rp8,92 miliar sepanjang semester I/2020.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  23:06 WIB
Pelindo 1 datangkan kapal tunda di Pelabuhan Kualatanjung, Sumut. (Antara Sumut - Humas Pelindo 1)
Pelindo 1 datangkan kapal tunda di Pelabuhan Kualatanjung, Sumut. (Antara Sumut - Humas Pelindo 1)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menyalurkan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dengan nilai total Rp8,92 miliar sepanjang semester I/2020.

Penyaluran PKBL tersebut terbagi ke dalam Bantuan Bina Lingkungan senilai Rp5,41 miliar dan Program Kemitraan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) senilai Rp3,51 miliar.

Bantuan bina lingkungan disalurkan kepada para korban bencana alam, pendidikan atau latihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana, sarana ibadah, pelestarian alam, serta bantuan sosial kemasyarakatan.

Program-program unggulan bina lingkungan yang, di antaranya pembangunan taman bacaan di Gunung Sitoli, membangun jembatan Sei Padang, mengembangkan kawasan wisata di Pulau Penyengat, dan melaksanakan program Padat Karya Tunai (PKT) di Batam.

Selain itu, terdapat pula program lain seperti renovasi ruang belajar sekolah berbasis alam mangrove, membuat rambu laut bagi nelayan di Pulau Subi dan Pulau Laut Kepulauan Natuna, hingga mengembangkan desa wisata Tomok yang berada di kawasan Danau Toba.

SVP Sekretariat Pelindo I Imron Eryandy menyatakan, perseroan juga memberikan program kemitraan berupa bantuan pinjaman modal dan pembinaan kepada UMKM. Penyaluran program kemitraan ini diberikan kepada berbagai sektor industri.

“Program kemitraan disalurkan kepada mitra binaan dari berbagai sektor, seperti industri, perdagangan, pertanian, pertanian, peternakan, perkebunan, jasa, dan lainnya. Program ini merupakan dukungan Pelindo I untuk mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat,” katanya melalui siaran pers, Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan perseroan salah satu program kemitraan tersebut dilaksanakan dengan menggandeng mitra pengrajin songket di Kuala Tanjung, Kab. Batu Bara, Sumatera Utara. Selama masa pandemi, Pelindo I juga aktif menyalurkan bantuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dan membantu masyarakat terdampak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm pelindo pelindo i
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top