Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daop 1 Jakarta Berangkatkan 7 KA, Okupansi Capai 82 Persen

Daop 1 Jakarta memberangkatkan tujuh perjalanan KA pada libur Iduladha dengan tingkat okupansi mencapai 82 persen.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 31 Juli 2020  |  13:27 WIB
Penumpang melintas di dalam gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan KLB pada 12-31 Mei 2020 dan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB hanya yang memenuhi syarat. - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Penumpang melintas di dalam gerbong Kereta Api Luar Biasa (KLB) jurusan Bandung - Surabaya Pasar Turi di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/5/2020). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengoperasikan enam perjalanan KLB pada 12-31 Mei 2020 dan masyarakat yang diperbolehkan menggunakan KLB hanya yang memenuhi syarat. - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta memberangkatkan tujuh perjalanan KA pada Hari Raya Iduladha 2020.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan sebanyak 2.600 tempat duduk telah dipesan melalui jalur pemesanan daring dari ketersediaan tempat duduk sebanyak 3.155. Jumlah keterisian ini mencapai 82 persen dari total ketersediaan tempat duduk.

Pihaknya kembali mengingatkan untuk pengoperasian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta, aturan suhu tubuh normal dan memiliki berkas hasil Rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon penumpang.

“Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas,” jelasnya, Jumat (31/7/2020).

Dia juga mengimbau seluruh pengguna jasa juga tetap menjalankan upaya pencegahan Covid 19 melalui penggunaan baju lengan panjang, penjagaan jarak fisik dan menggunakan fasilitas untuk membersihkan tangan yang telah tersedia di stasiun dan di dalam rangkaian kereta.

Sementara itu untuk total penumpang KA Jarak Jauh pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen hingga Kamis (30/7/2020) mencapai 3.958 penumpang atau mencapai 90 persen dari ketersediaan tempat duduk yakni sebanyak 4.385.

Eva mengatakan jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta. Dia menyebutkan pemberangkatan dengan jumlah penumpang tersebut meningkat sekitar 2 kali lipat jika dibandingkan dengan pada akhir pekan minggu lalu.

“Secara keseluruhan penumpang dan operasional berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid 19 yang diterapkan baik di Stasiun dan Rangkaian kereta. Jumlah penumpang tersebut meningkat sekitar dua kali lipat jika dibandingkan dengan pada akhir pekan minggu lalu,” jelasnya.

Berdasarkan pantauannya, dari lapangan seluruh penumpang mengikuti aturan yang diterapkan seperti menggunakan masker dan face shield setelah boarding di Stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung. Para pengguna juga secara kooperatif mengikuti pemeriksaan suhu tubuh berkala yang dilakukan sepanjang perjalanan kereta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api stasiun
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top