Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-1 Iduladha, Daop 1: Penumpang Kereta Api Naik Dua Kali Lipat

KAI Daop 1 Jakarta menyebut jumlah penumpang kereta api pada H-1 Iduladha mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dibandingkan dengan hari normal.
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta
Penumpang memasuki peron di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019)./ANTARA FOTO-Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta mencatat total penumpang KA Jarak Jauh pada 11 KA yang dioperasikan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen hingga Kamis (30/7/2020) mencapai 3.958 penumpang atau mencapai 90 persen dari 4.385 tempat duduk yang tersedia.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan jumlah ketersediaan tempat duduk tersebut merupakan kuota yang telah dibatasi 70 persen dari total kapasitas normal. Pembatasan dilakukan untuk penjagaan jarak di dalam rangkaian kereta.

Pihaknya menyebutkan pemberangkatan dengan jumlah penumpang tersebut meningkat sekitar 2 kali lipat jika dibandingkan dengan pada akhir pekan minggu lalu.

“Secara keseluruhan penumpang dan operasional berjalan baik dengan mengikuti seluruh protokoler pencegahan Covid 19 yang diterapkan baik di Stasiun dan Rangkaian kereta. Jumlah penumpang tersebut meningkat sekitar dua kali lipat jika dibandingkan dengan pada akhir pekan minggu lalu,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (31/7/2020).

Dia juga menyebutkan pantauan dari lapangan seluruh penumpang mengikuti aturan yang diterapkan seperti menggunakan masker dan face shield setelah boarding di stasiun hingga selama perjalanan KA berlangsung. Para pengguna juga secara kooperatif mengikuti pemeriksaan suhu tubuh berkala yang dilakukan sepanjang perjalanan kereta.

Eva tak lupa mengingatkan berkas hasil rapid atau PCR test yang berlaku 14 hari menjadi salah satu persyaratan wajib bagi calon penumpang. Jika salah satu persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi, maka calon penumpang tidak dapat melanjutkan perjalanan dan biaya tiket akan langsung diganti 100 persen melalui bantuan petugas.

Daop 1 juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar tetap menjalankan upaya pencegahan Covid 19 melalui penggunaan baju lengan panjang, penjagaan jarak fisik dan menggunakan fasilitas untuk membersihkan tangan yang telah tersedia di stasiun dan di dalam rangkaian kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper