Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Industri China Meningkat pada Juni, Semester Pertama Masih Negatif

Data Biro Statistik Nasional (NBS) China yang dirilis Senin (27/7/2020) menunjukkan laba industri meningkat 11,5 persen pada Juni 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, laju kenaikan tercepat sejak akhir 2018.
Ekonomi China./.Reuters
Ekonomi China./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Laba perusahaan-perusahaan industri di China membaik, dengan return di perusahaan-perusahaan industri tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut.

Dilansir melalui Bloomberg, data Biro Statistik Nasional (NBS) China yang dirilis Senin (27/7/2020) menunjukkan laba industri meningkat 11,5 persen pada Juni 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, laju kenaikan tercepat sejak akhir 2018.

Namun, kembalinya pertumbuhan belum menebus kemerosotan di awal tahun akibat pandemi Covid-19. Laba pada paruh pertama tahun ini tercatat masih turun 12,8 persen.

Ekonomi China telah bangkit pada kuartal II/2020, dengan produk domestik bruto (PDB) kembali mencatat ekspansi setelah mengalami kontraksi pada kuartal pertama.

Menurut NBS, pertumbuhan laba berakselerasi pada kuartal kedua karena produksi yang lebih cepat, sehingga mempersempit deflasi pabrik dan mengurangi biaya.

“Namun, keberlanjutan pemulihan tidak pasti karena Covid-19 terus menyebar dan perdagangan internasional tetap menjadi tantangan,” demikian menurut NBS.

Dalam laporan yang sama, laba di perusahaan milik negara disebut merosot 28,5 persen pada periode Januari-Juni, lebih buruk daripada penurunan 8,4 persen di perusahaan milik swasta.

Sementara itu, produksi minyak dan sektor-sektor terkait terseret oleh pertumbuhan laba pada semester pertama, sedangkan komputer dan telekomunikasi mengalami laju ekspansi tercepat di antara semua sektor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ropesta Sitorus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper