Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Laba Industri China Meningkat pada Juni, Semester Pertama Masih Negatif

Data Biro Statistik Nasional (NBS) China yang dirilis Senin (27/7/2020) menunjukkan laba industri meningkat 11,5 persen pada Juni 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, laju kenaikan tercepat sejak akhir 2018.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 27 Juli 2020  |  12:43 WIB
Ekonomi China. - .Reuters
Ekonomi China. - .Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Laba perusahaan-perusahaan industri di China membaik, dengan return di perusahaan-perusahaan industri tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut.

Dilansir melalui Bloomberg, data Biro Statistik Nasional (NBS) China yang dirilis Senin (27/7/2020) menunjukkan laba industri meningkat 11,5 persen pada Juni 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, laju kenaikan tercepat sejak akhir 2018.

Namun, kembalinya pertumbuhan belum menebus kemerosotan di awal tahun akibat pandemi Covid-19. Laba pada paruh pertama tahun ini tercatat masih turun 12,8 persen.

Ekonomi China telah bangkit pada kuartal II/2020, dengan produk domestik bruto (PDB) kembali mencatat ekspansi setelah mengalami kontraksi pada kuartal pertama.

Menurut NBS, pertumbuhan laba berakselerasi pada kuartal kedua karena produksi yang lebih cepat, sehingga mempersempit deflasi pabrik dan mengurangi biaya.

“Namun, keberlanjutan pemulihan tidak pasti karena Covid-19 terus menyebar dan perdagangan internasional tetap menjadi tantangan,” demikian menurut NBS.

Dalam laporan yang sama, laba di perusahaan milik negara disebut merosot 28,5 persen pada periode Januari-Juni, lebih buruk daripada penurunan 8,4 persen di perusahaan milik swasta.

Sementara itu, produksi minyak dan sektor-sektor terkait terseret oleh pertumbuhan laba pada semester pertama, sedangkan komputer dan telekomunikasi mengalami laju ekspansi tercepat di antara semua sektor.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china ekonomi china covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top