Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kalbe Farma (KLBF) Masih Kaji Anggaran Vaksin Covid-19

Presiden Direktur PT. Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius mengatakan saat ini perusahaan sudah berkolaborasi melaksanakan uji klinis vaksin Covid-19 dengan Genexine Korea.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 25 Juli 2020  |  17:40 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara
Ilustrasi vaksin Covid-19. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tak hanya Bio Farma, perusahaan farmasi PT Kalbe Farma Tbk juga siap memasarkan vaksin Covid-19.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan saat ini perusahaan sudah berkolaborasi melaksanakan uji klinis vaksin Covid-19 dengan Genexine Korea. Dia menegaskan, uji klinis ini dilakukan dengan metode DNA vaksin.

Seperti diketahui, saat ini uji klinis fase I sedang berjalan di Korea. Bersamaan dengan itu Kalbe Farma pun sedang mempersiapkan uji klinis fase 2 dengan berkolaborasi bersama Universitas Indonesia, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kementerian Kesehatan, dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta lembaga lainnya.

“Rencana jadwal fase II pada September dan Oktober dengan periode proses sekitar 6 bulan,” ungkap Vidjongtius kepada Bisnis pada Jumat, (24/7/2020).

Dia menyebut, jika fase uji klinis berhasil dan dengan dukungan pemerintah demi kebutuhan masyarakat yang masih dalam keadaan darurat Covid-19.

Vidjongtius berharap vaksin produksi emiten bersandi KLBF in isudah bisa dipakai secara terbatas sekitar pertengahan 2021.

“Terkait harga masih dalam proses pengkajian, mengingat tergantung kepada kebutuhan investasi kapasitas pabrik di Indonesia,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin kalbe farma covid-19
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top