Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kembalikan Kepercayaan, Menhub Budi Minta Maskapai Lakukan Ini

Menhub Budi Karya meminta seluruh stakeholder penerbangan, termasuk maskapai, berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat pada masa pandemi Covid-19.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 19 Juli 2020  |  09:45 WIB
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta seluruh stakeholder penerbangan, termasuk maskapai, untuk menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan sehat pada masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai hal tersebut perlu dilakukan untuk membangkitkan industri penerbangan nasional. Terlebih, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa di masa adaptasi kebiasaan baru masyarakat bisa bisa tetap produktif dan tetap aman dari penularan Covid-19, termasuk dalam penerbangan.

“Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara dengan menciptakan penerbangan yang aman, selamat, nyaman dan sehat,” kata Budi dalam siaran pers, Minggu (19/7/2020).

Dia menambahkan dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa bagi perekonomian nasional termasuk bagi industri penerbangan. Adapun, jumlah penumpang harian domestik turun hingga 90 persen.

Selain itu, lanjutnya, terjadi penurunan signifikan dari frekuensi penerbangan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Banyak pesawat yang parkir di bandara dan tidak beroperasi. 

Budi menyebut industri penerbangan kini dalam kondisi bertahan di tengah pandemi. Kendati demikian, penerbangan Indonesia diyakini bakal mampu seperti negara Vietnam dan lainnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Menjaga agar jangan ada banyak lagi warga yang terpapar Covid-19 menjadi concern kita bersama, tetapi kita juga ingin ekonomi di Indonesia khususnya pergerakan di transportasi yang juga memiliki kerentanan ini bisa ditangani. Maka keseimbangan harus kita jaga dengan baik,” jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi mengeluarkan surat edaran yang intinya meminta setiap kementerian dan lembaga di bawah naungannya untuk mengalokasikan anggaran perjalanan dinas ke tujuh destinasi wisata Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk menggenjot tingkat kunjungan wisatawan dan menggerakkan perekonomian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top