Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

New Normal, Pelindo III Terapkan Pembayaran Non Tunai

Pelindo III menerapkan pemasangan Security Access Module (SAM) multi applet untuk mengakses gerbang di kawasan perseroan.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 17 Juli 2020  |  13:19 WIB
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah. - Antara/Aditya Pradana Putra
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah. - Antara/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan pemasangan Security Access Module (SAM) multi applet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan menjadi yang pertama menggunakan sistem pembacaan tunggal.

Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer Opsi mengatakan pembayaran non tunai untuk pengguna jasa yang mengakses gerbang di kawasan perseroan sudah dikembangkan sejak 2016.

Dia melanjutkan memasuki masa normal baru pada 2020 ini, perusahaan sudah memperbaharuinya dengan alat yang bisa membaca semua kartu dari sejumlah bank penerbit kartu. Hal ini untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa yang ingin masuk ke pelabuhan.

Terlebih, kata dia, karena pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus melakukan physical distancing atau jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan metode pembayaran non tunai.

“Kami memasang sistem SAM multi applet di gerbang masuk pelabuhan agar dapat membaca semua kartu non tunai. Dengan pembaharuan SAM multi applet akan dapat membaca transaksi baik produk E-Money, Tapcash, Brizzi, dan Flazz,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (17/7/2020).

Sebelumnya, pintu gerbang pelabuhan di wilayah Pelindo III hanya bekerjasama dengan bank-bank BUMN. Setelah pemasangan single SAM multi applet atau single reader sekarang kartu non tunai dari beberapa bank dapat digunakan untuk masuk ke pelabuhan.

Menurutnya, banyak keuntungan dengan transaksi non tunai tersebut. Keuntungan bagi masyarakat pengguna adalah praktis, karena tidak perlu menyiapkan uang pas, kemudahan pembayaran dengan sistem tapping, tidak perlu lagi menyimpan uang kembalian dalam pecahan kecil, berkurangnya risiko salah hitung jumlah uang kembalian, mengurangi antrian di gerbang pelabuhan, dan mengurangi resiko penularan Covid-19.

Selanjutnya, penerapan single reader akan segera diterapkan juga di semua Pelabuhan yang dikelola Pelindo III diantaranya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kupang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii pelabuhan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top