Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Normal, Pelindo III Terapkan Pembayaran Non Tunai

Pelindo III menerapkan pemasangan Security Access Module (SAM) multi applet untuk mengakses gerbang di kawasan perseroan.
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah./Antara-Aditya Pradana Putra
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, Jawa Tengah./Antara-Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menerapkan pemasangan Security Access Module (SAM) multi applet Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan menjadi yang pertama menggunakan sistem pembacaan tunggal.

Direktur Utama Pelindo III U. Saefudin Noer Opsi mengatakan pembayaran non tunai untuk pengguna jasa yang mengakses gerbang di kawasan perseroan sudah dikembangkan sejak 2016.

Dia melanjutkan memasuki masa normal baru pada 2020 ini, perusahaan sudah memperbaharuinya dengan alat yang bisa membaca semua kartu dari sejumlah bank penerbit kartu. Hal ini untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa yang ingin masuk ke pelabuhan.

Terlebih, kata dia, karena pandemi Covid-19 membuat masyarakat harus melakukan physical distancing atau jaga jarak untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menerapkan metode pembayaran non tunai.

“Kami memasang sistem SAM multi applet di gerbang masuk pelabuhan agar dapat membaca semua kartu non tunai. Dengan pembaharuan SAM multi applet akan dapat membaca transaksi baik produk E-Money, Tapcash, Brizzi, dan Flazz,” jelasnya melalui keterangan resmi, Jumat (17/7/2020).

Sebelumnya, pintu gerbang pelabuhan di wilayah Pelindo III hanya bekerjasama dengan bank-bank BUMN. Setelah pemasangan single SAM multi applet atau single reader sekarang kartu non tunai dari beberapa bank dapat digunakan untuk masuk ke pelabuhan.

Menurutnya, banyak keuntungan dengan transaksi non tunai tersebut. Keuntungan bagi masyarakat pengguna adalah praktis, karena tidak perlu menyiapkan uang pas, kemudahan pembayaran dengan sistem tapping, tidak perlu lagi menyimpan uang kembalian dalam pecahan kecil, berkurangnya risiko salah hitung jumlah uang kembalian, mengurangi antrian di gerbang pelabuhan, dan mengurangi resiko penularan Covid-19.

Selanjutnya, penerapan single reader akan segera diterapkan juga di semua Pelabuhan yang dikelola Pelindo III diantaranya Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Pelabuhan Gresik, Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Pelabuhan Lembar, dan Pelabuhan Kupang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper