Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Capaian Lifting Migas Semester I/2020 Dinilai Memuaskan

Kondisi hulu migas pada semester II/2020 akan cenderung lebih baik dibandingkan dengan semester I/2020.
Blok Mahakam/Ilustrasi-Bisnis
Blok Mahakam/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerhati sektor migas menilai capaian produksi siap jual atau lifting minyak dan gas bumi masih memuaskan di tengah tekanan harga minyak dunia dan pandemi Covid-19.

Staf pengajar Universitas Trisakti Pri Agung Rakhmanto berpendapat bahwa realisasi lifting migas sepanjang Januari—Juni 2020 terbilang cukup baik karena dari sisi operasi masih berjalan normal dengan adanya tekanan di hulu migas.

Kendati realisasinya masih di bawah target, secara garis besar realisasi tersebut menunjukkan adanya tren penurunan produksi yang merupakan kondisi yang membayangi hulu migas nasional.

“Tanpa produksi dari lapangan migas baru skala besar, memang akan selalu seperti itu profilnya terus menurun,” katanya kepada Bisnis, Jumat (17/7/2020).

Namun, dia menilai kondisi hulu migas pada semester II/2020 akan cenderung lebih baik dibandingkan dengan semester I/2020.

Menurut Pri, pada sisa 6 bulan terakhir terdapat ekspektasi pemulihan aktivitas ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Bisa diharapkan ada peningkatan adalah lifting gasnya. Terutama serapan dari listrik dan industri pengguna gas yang kemungkinan sudah mulai berangsur pulih operasinya,” ungkapnya.

Pengamat sektor hulu migas Tumbur Parlindungan mengatakan bahwa jika melihat kondisi yang ada saat ini, realisasi lifting migas nasional terbilang cukup baik.

Pada semester II/2020, katanya, tingkat lifting migas akan lebih baik jika dibandingkan dengan semester I/2020.

“Seharusnya lebih baik lagi karena roda perekonomian sudah mulai berjalan yang menyebabkan membutuhkan energi sebagai driver dari pertumbuhan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper