Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dapat PMN Rp3,5 Triliun, Begini Rencana Hutama Karya

Total penyertaan modal negara yang diterima Hutama Karya untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatra hingga saat ini mencapai Rp11 triliun.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  21:51 WIB
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan berada didekat logo Hutama Karya. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutama Karya menegaskan alokasi penggunaan penambahan penyertaan modal negara (PMN) yang diterimanya masih sesuai rencana semula, yakni untuk pembiayaan proyek Jalan Tol Trans Sumatra. 

Hutama Karya sendiri baru saja resmi menerima suntikan dana dari pemerintah sebesar Rp3,5 triliun. Keputusan tersebut tertuang dalam PP No.32/2020 yang diteken 7 Juli 2020.

Dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR RI, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan sejauh ini tidak ada perubahan dalam rencana penggunaan suntikan dana dari pemerintah tersebut.

Menurutnya, dari Rp3,5 triliun yang diterima Hutama Karya, sebesar Rp2 triliun akan dialokasikan untuk ruas Pekanbaru-Dumai dan Rp1,5 triliun sisanya untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung.

“Pekanbaru-Dumai sudah hampir selesai, dalam 2 bulan ini siap dioperasikan, sedangkan Pematang Panggang ini sudah selesai. Jadi tinggal membayar penyedia jasa kami [menggunakan dana PMN],” tuturnya dalam rapat yang disiarkan secara langsung tersebut, Selasa (14/7/2020) malam.

Hutama Karya juga BUMN yang mendapatkan prioritas dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan akan menerima dana tambahan Rp7,5 triliun sebagai PMN tahap II. Walhasil secara keseluruhan, PMN yang diterima Hutama Karya tahun ini adalah Rp11 triliun.

Tujuan dari tambahan modal tersebut masih ditujukan untuk memperbaiki struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha perseroan dalam rangka melanjutkan pelaksanaan penugasan percepatan pembangunan infrastruktur yakni Jalan Tol Trans Sumatra atau JTTS.

Sebagaimana diketahui, saat ini Hutama Karya merupakan pelaksana pembangunan JTTS sepanjang 2.765 km. Adapun jalan tol yang terbentang dari Lampung hingga Aceh ini membutuhkan total investasi sebesar Rp476 triliun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutama karya penyertaan modal negara
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top