Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DPR Dorong BPK Pelototi Anggaran Covid-19

Penyerapan anggaran penanganan Covid-19 yang rendah menjadi tantangan bagi BPK untuk memastikan agar penggunaan APBN ini sesuai dengan tujuan pemulihan ekonomi.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  16:07 WIB
Puan Maharani - Antara/Istimewa
Puan Maharani - Antara/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - DPR meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memperkuat pengawasan pengunaan dana penanganan pandemi Corona atau Covid-19, mengingat kondisi penyerapan anggaran Covid-19 yang minim.

Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah menciptakan ancaman terhadap sosial ekonomi dan sistem keuangan.

Kegentingan tersebut menjadi dasar bagi pemerintah untuk mengeluarkan Perppu No.1/2020 yang berisi landasan hukum bagi langkah dan kebijakan di bidang Keuangan Negara dan APBN.

"Kita meminta pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan BPK RI terhadap pengelolaan keuangan negara Tahun Anggaran 2020 dilakukan dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian, transparan dan akuntabel," kata Puan dalam keterangan resminya, Selasa (30/6/2020).

Saat ini, pemerintah fokus dengan Pemulihan Ekonomi untuk menggerakan kembali mesin ekonomi nasional dan percepatan pemulihan Covid-19 dengan sumber pendanaan menggunakan APBN. Hal ini menurut Puan menjadi tantangan bagi BPK untuk memastikan agar penggunaan APBN ini sesuai dengan tujuan pemulihan ekonomi.

Puan menambahkan bahwa dampak Pandemi Covid-19 sangat besar terhadap pengelolaan keuangan negara, oleh karena itu perlu kesamaan sense of crisis antara BPKP dan BPK dalam mengawal dana penanganan Covid-19 dan memastikan akuntabilitas anggaran belanja Covid-19 sesuai dengan peruntukannya.

Pasalnya dalam kondisi extraordinary penanganan Covid-19 perlu langkah-langkah cepat namun terukur. "Karena itu, DPR mengharapkan agar BPK memitigasi penggunaan dana penanganan Covid-19 dan dampaknya agar transparan dan akuntabel dan digunakan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat," tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpk puan maharani covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top