Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tahun Depan, 4 Proyek Ini Jadi Fokus Kemenhub

Jembatan udara di wilayah Papua ini ditingkatkan dari total operasi sebelumnya sebanyak 28 rute menjadi 37 rute.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  11:52 WIB
Pembangunan jalan akses sepanjang 8 kilometer yang menghubungkan Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura) Jawa dengan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Foto Kementerian PUPR
Pembangunan jalan akses sepanjang 8 kilometer yang menghubungkan Jalan Nasional Pantai Utara (Pantura) Jawa dengan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Foto Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perhubungan memprioritaskan empat proyek utama dalam rencana kerja pemerintah 2021 yang termasuk dalam prioritas nasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kondisi ini kementeriannya memfokuskan pada empat hal yakni jaringan pelabuhan terpadu yang di dalamnya terdapat penyelesaian Pelabuhan Patimban, subsidi jembatan udara 37 rute di Papua, KA Makassar—Parepare, serta sistem angkutan massal perkotaan di enam wilayah metropolitan.

"Prioritas proyek infrastruktur yang dibiayai melalui belanja kementerian/lembaga yakni proyek yang telah dimulai pelaksanaannya, tetap dilanjutkan dengan perpanjangan waktu pelaksanaan atau multiyears contract," jelasnya, Selasa (23/6/2020).

Dia menyebutkan bahwa Ditjen Perkeretapaian sudah melaksanakan kerja sama pembangunan jalur kereta api Makassar—ParePare jalur Pangkep—Maros melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan besaran Rp2,63 triliun.

Sementara itu, pengembangan Pelabuhan Patimban menjadi proyek KPBU yang masih dalam tahap transaksi dengan besaran nilai Rp5,70 triliun.

Adapun, sistem angkutan massal perkotaan di enam wilayah metropolitan sudah masuk dalam tahap pelaksanaan dengan anggaran Rp500 miliar, dengan perincian yakni wilayah calon ibu kota baru, Medan, Palembang, Surakarta, Yogyakarta, dan Denpasar.

Di sisi lain, anggaran ini juga membantu empat pemerintah daerah penerima bus bantuan bus rapid transit (BRT) yaitu Provinsi Kalimantan Selatan, Lampung, Kota Pekanbaru, dan Kota Palembang.

Adapun, jembatan udara di wilayah Papua ini ditingkatkan dari total operasi sebelumnya sebanyak 28 rute menjadi 37 rute yang membantu angkutan logistik di wilayah tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan Kemenhub
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top