Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ritel Modern Bakal Diberi Insentif

Pemerintah bakal memberikan insentif bagi para pengusaha ritel modern, guna membantu mendongkrak konsumsi masyarakat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juni 2020  |  16:09 WIB
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2 - 2019).
Calon pembeli memilih makanan di salah satu minimarket yang ada di Jakarta, Senin (18/2 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perdagangan berencana memberikan insentif bagi industri ritel modern, guna mendongkrak kembali konsumsi nasional akibat tertekan oleh pandemi Covid-19.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, dia tengah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya mengenai insentif tersebut. Dia mengaku, wabah Covid-19 telah menimbulkan kondisi di luar normal bagi berbagai industri nasional, termasuk ritel modern.

"Terkait dengan insentif untuk bisnis ritel di masa pandemi Covid-19, kami telah mengusulkan dan kita sedang berbicara dengan sejumlah kementerian serta lembaga terkait," ujar Mendag seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/4/2020).

Dia mengatakan, selama enam bulan ke depan pemerintah telah menyiapkan sejumlah insentif bagi industri yang terdampak oleh wabah Covid-19, berupa perpajakan, penundaa pembayaran kredit dan insentif lainnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita realisasikan [insentifnya]," katanya.

Mendag Agus mengatakan, kontribusi sektor perdagangan secara umum dari bisnis ritel khususnya terhadap perekonomian sangat penting. Pasalnya sektor tersebut menjadi salah satu motor utama di sektor konsumsi.

Dia menyebtukan, konsumsi nasional memberikan kontribusi sekitar 50 persen terhadap produk domestic bruto (PDB) selama lima tahun terakhir. Namun, laju konsumsi saat ini mengalami penurunan sekitar 30 persen.

"Kita berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga lainnya juga untuk membuat relaksasi aturan dan regulasi yang bisa memudahkan para pelaku usaha," katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa Kementerian Perdagangan juga membutuhkan masukkan dari para pelaku usaha terkait dengan insentif tersebut. Hal itu dibutuhkan agar insentif bisa tepat sasaran.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan kemendag ritel modern

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top