Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tantowi Yahya Ungkap Lima Kunci Sukses Selandia Baru Hadapi Pandemi Covid-19

Ada lima hal yang menjadi kunci kesuksesan Selandia Baru menanggulangi krisis kesehatan Covid-19. Berikut ini paparan dari Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.
Dubes RI di Selandia Baru Tantowi Yahya/Bisnis
Dubes RI di Selandia Baru Tantowi Yahya/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengungkap lima poin yang menjadi kunci sukses Negeri Kiwi melawan pandemi virus Corona (Covid-19).

"Ada lima hal yang menjadi kunci kesuksesan Selandia Baru menanggulangi krisis kesehatan Covid-19. Ini alasan mengapa sebuah negara sekecil Selandia Baru mendapat pujian dari dalam dan luar negeri," ujarnya dalam diskusi online dengan Bisnis Indonesia bertajuk "Belajar Penanganan Covid-19 dari Selandia Baru", Jumat (5/6/2020).

Pertama, strategi pemerintah dan parlemen Selandia baru menyikapi wabah Covid-19. Menurutnya, pemerintah Selandia Baru sangat responsif dan mempersiapkan langkah-langkah koordinasi ketika kasus virus Corona pertama kali mencuat di Wuhan, China akhir 2019.

Kesiapan tersebut membuat pemerintah Selandia Baru dapat menyusun langkah dan kebijakan strategis untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di negara tersebut.

"Selandian Baru sangat responsif. Ada negara yang in denial, seperti Ameria dan Inggris yang tidak percaya ada virus seganas Covid-19. Saya saksikan sendiri, pemerintah Selandia Baru sudah siap-siap sebelum ada kasus positif pertama pada 28 Februari," ujarnya.

Kedua, dia menuturkan pemerintah Selandian Baru telah mempersiapkan untuk membangun infrastruktur penanganan Covid-19. Salah satunya menyiapkan undang-undang sebagai payung hukum. Hal itu penting bagi negara demokratis jangan sampai ada pelanggaran HAM yang terjadi saat penanganan pandemi.

Ketiga, stakeholders di Selandia Baru dapat berkolaborasi dengan baik. Stakeholders yang dimaksud, yaitu pemerintah, parlemen, media massa, dan organisasi non-profit (NGO).

"Ibarat main bola, mereka bisa melakukan oper bola di lapangan itu bagus sekali. Bisa dibayangkan jika keputusan besar yang diambil pemerintah tidak didukung parlemen? Ketika pandemi ini sudah mengkhawatirkan, pihak oposisi menjadi kontruktif, bukan destruktif. Media juga kooperatif, tanpa meninggalkan sifat kritis," ungkap mantan Master of Ceremony kenamaan Indonesia tersebut.

Terakhir, Tantowi mengungkapkan gaya komunikasi pemerintah Selandia Baru sangat rapi. Informasi atau perkembangan terbaru terkait Covid-19 hanya diberikan oleh orang yang sama, yaitu Perdana Menteri Jacinda Ardern dan Dirjen Kesehatan.

Menurutnya, PM Jacinda Ardern memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik sehingga informasi seberat apapun dapat diungkapkan dengan santai.

"Setiap sore masyarakat yang ada di NZ dapat update dari Dirjen Kesehatan. Masyarakat juga memegang peranan penting karena mereka mau menjalankan hidup sehat dan mematuhi protokol kedisiplinan untuk menghindari penularan Covid-19," ungkap Tantowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper