Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tantowi Yahya Ungkap Lima Kunci Sukses Selandia Baru Hadapi Pandemi Covid-19

Ada lima hal yang menjadi kunci kesuksesan Selandia Baru menanggulangi krisis kesehatan Covid-19. Berikut ini paparan dari Dubes RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 05 Juni 2020  |  14:38 WIB
Dubes RI di Selandia Baru Tantowi Yahya - Bisnis
Dubes RI di Selandia Baru Tantowi Yahya - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya mengungkap lima poin yang menjadi kunci sukses Negeri Kiwi melawan pandemi virus Corona (Covid-19).

"Ada lima hal yang menjadi kunci kesuksesan Selandia Baru menanggulangi krisis kesehatan Covid-19. Ini alasan mengapa sebuah negara sekecil Selandia Baru mendapat pujian dari dalam dan luar negeri," ujarnya dalam diskusi online dengan Bisnis Indonesia bertajuk "Belajar Penanganan Covid-19 dari Selandia Baru", Jumat (5/6/2020).

Pertama, strategi pemerintah dan parlemen Selandia baru menyikapi wabah Covid-19. Menurutnya, pemerintah Selandia Baru sangat responsif dan mempersiapkan langkah-langkah koordinasi ketika kasus virus Corona pertama kali mencuat di Wuhan, China akhir 2019.

Kesiapan tersebut membuat pemerintah Selandia Baru dapat menyusun langkah dan kebijakan strategis untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di negara tersebut.

"Selandian Baru sangat responsif. Ada negara yang in denial, seperti Ameria dan Inggris yang tidak percaya ada virus seganas Covid-19. Saya saksikan sendiri, pemerintah Selandia Baru sudah siap-siap sebelum ada kasus positif pertama pada 28 Februari," ujarnya.

Kedua, dia menuturkan pemerintah Selandian Baru telah mempersiapkan untuk membangun infrastruktur penanganan Covid-19. Salah satunya menyiapkan undang-undang sebagai payung hukum. Hal itu penting bagi negara demokratis jangan sampai ada pelanggaran HAM yang terjadi saat penanganan pandemi.

Ketiga, stakeholders di Selandia Baru dapat berkolaborasi dengan baik. Stakeholders yang dimaksud, yaitu pemerintah, parlemen, media massa, dan organisasi non-profit (NGO).

"Ibarat main bola, mereka bisa melakukan oper bola di lapangan itu bagus sekali. Bisa dibayangkan jika keputusan besar yang diambil pemerintah tidak didukung parlemen? Ketika pandemi ini sudah mengkhawatirkan, pihak oposisi menjadi kontruktif, bukan destruktif. Media juga kooperatif, tanpa meninggalkan sifat kritis," ungkap mantan Master of Ceremony kenamaan Indonesia tersebut.

Terakhir, Tantowi mengungkapkan gaya komunikasi pemerintah Selandia Baru sangat rapi. Informasi atau perkembangan terbaru terkait Covid-19 hanya diberikan oleh orang yang sama, yaitu Perdana Menteri Jacinda Ardern dan Dirjen Kesehatan.

Menurutnya, PM Jacinda Ardern memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik sehingga informasi seberat apapun dapat diungkapkan dengan santai.

"Setiap sore masyarakat yang ada di NZ dapat update dari Dirjen Kesehatan. Masyarakat juga memegang peranan penting karena mereka mau menjalankan hidup sehat dan mematuhi protokol kedisiplinan untuk menghindari penularan Covid-19," ungkap Tantowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

selandia baru Virus Corona tantowi yahya
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top