Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lindungi Konsumen, Bank Harus Edukasi Nasabah Kartu Kredit

Institusi jasa keuangan didesak untuk memperkuat aspek edukasi dan perlindungan terhadap data pribadi nasabah kartu kredit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 05 Juni 2020  |  15:58 WIB
Kartu kredit / ilustrasi
Kartu kredit / ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mendesak institusi jasa keuangan untuk mengoptimalkan sisi edukasi dan perlindungan data pribadi nasabah kartu kredit.

Kordinator Komisi Advokasi BPKN Rizal E. Halim meminta bank atau institusi jasa keuangan untuk tidak hanya gencar mencari nasabah kartu kredit, melainkan juga melakukan edukasi dan penjelasan terkait dengan penggunaan layanan tersebut. Hal itu dibutuhkan untuk mengurangi masalah yang akan muncul di kemudian hari.

"Kerap terjadi nasabah tidak pernah diberi tahu tentang berbagai hal seperti fitur dan kejelasan manfaat serta resiko produk dari jasa keuangan," ujarnya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (5/6/2020)

Edukasi, lanjut dia, faktor penting mengingat saat ini masyarakat gemar melakukan transaksi atau belanja secara daring dengan menggunakan kartu kredit.

Selain itu dia juga mengemukakan pokok masalah kartu kredit yang sering dialami pemegang kartu. Salah satunya, masih sering ditemukan praktik bank melelang atau menjual di bawah nilai kredit secara borongan terhadap data-data tagihan (penghutang) kepada pihak ketiga (debt collector). Adapun pihak ketiga tersebutlah yang memaksimalkan penagihan ke pengguna kartu kredit.

Selain itu ada pula persoalan lain terkait dengan perlindungan data pribadi nasabah. Dia menemukan beberapa kali kasus penyalahgunaan  data pribadi nasabah oleh perusahaan lain untuk menawarkan produk-produk jasa keuangan yang lainnya.

Di samping itu ada pula risiko pembobolan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, di mana konsumen mendapat telpon dan digiring opini agar memberikan data pribadi kepada orang yang mengaku dari penerbit.

Wakil Ketua BPKN Rolas Sitinjak menilai perlu adanya penyempurnaan Surat Edaran BI Nomor 11/10/DASP tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu dalam rangka meningkatkan perlindungan konsumen Kartu Kredit.

"Selain pengawasan dan pengendalian terhadap penagihan konsumen kartu kredit yang gagal bayar, pentingnya edukasi kepada konsumen untuk memahami penggunan kartu dan resiko yang timbul dalam menggunakan kartu kredit," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kartu kredit nasabah bkpn

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top