Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABAR PASAR: Fase Kritis Ekonomi, Target Penerimaan Sulit Diraih

Berita mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (2/6/2020).
Pedagang bawang putih beraktifitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Abdurachman
Pedagang bawang putih beraktifitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (2/6/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Fase Kritis Ekonomi. Pandemi Covid-19 membuat sejumlah sektor ekonomi di Indonesia harus rela menelan pil pahit berupa penurunan kinerja, baik operasional maupun keuangan. Beberapa sektor yang mengalami penurunan kinerja tersebut umumnya disebabkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengerem sejumlah aktivitas masyarakat.

PSBB dan Larangan Mudik Sumber Penekan Utama. Larangan mudik dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memukul daya beli masyarakat, sehingga diprediksi menekan laju inflasi selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Masih Ada Pekerjaan Rumah di Lini Tengah. Upaya mewujudkan harga istimewa gas industri US$6 per MMbtu masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah. Salah satunya pengaturan ulang tarif biaya transmisi lewat pipa atau toll fee bagi badan usaha penyalur.

Target Penerimaan Sulit Diraih. Sejumlah pemerintah daerah memastikan bahwa target pendapatan asli daerah (PAD) bakal meleset tahun ini akibat pandemi Covid-19. Skenario new normal bahkan tidak akan mampu mendongkrak penerimaan secara signifikan.

Ganjil Genap Rentan Dipersoalkan. Kebijakan ganjil genap yang akan diimplementasikan pada fase kenormalan baru berpotensi dipermasalahkan publik jika pemerintah tidak mampu menyediakan angkutan umum yang memadai untuk protokol jaga jarak.

Tahap Lanjutan Penuh Tantangan. Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah menyepakati opsi yang ditawarkan oleh KPU untuk menggelar pemilihan kepala daerah serentak di 270 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota pada 9 Desember 2020.

Relaksasi Terhenti. Pemerintah akhirnya menyetop relaksasi tarif atas ekspor kelapa sawit, crude palm oil, dan produk turunannya menyusul terbitnya PMK No.57/PMK.05/2020 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit pada Kementerian Keuangan.

Pelonggaran & Risiko Digulung Gelombang Kedua. Langkah sejumlah negara melonggarkan lockdown kini dibayangi kekhawatiran akan kemunculan gelombang kedua wabah yang bisa kembali memukul telak ekonomi.

‘Berkah’ Pandemi Bagi BPJS Kesehatan. Pandemi virus corona memaksa masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Akankah perkembangan kondisi kesehatan masyarakat itu memengaruhi klaim asuransi, khususnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan?

UMKM Kontraktor Paling Rawan. Kredit konstruksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berpotensi menjadi segmen kredit paling rawan mengalami pemburukan kualitas tahun ini di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper