Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KABAR PASAR: Fase Kritis Ekonomi, Target Penerimaan Sulit Diraih

Berita mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (2/6/2020).
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 02 Juni 2020  |  07:27 WIB
Pedagang bawang putih beraktifitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Abdurachman
Pedagang bawang putih beraktifitas di salah satu pasar di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis - Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor ekonomi dan pendapatan asli daerah (PAD), di antaranya, menjadi sorotan edisi harian Bisnis Indonesia, Selasa (2/6/2020).

Berikut beberapa perincian topik utamanya:

Fase Kritis Ekonomi. Pandemi Covid-19 membuat sejumlah sektor ekonomi di Indonesia harus rela menelan pil pahit berupa penurunan kinerja, baik operasional maupun keuangan. Beberapa sektor yang mengalami penurunan kinerja tersebut umumnya disebabkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang mengerem sejumlah aktivitas masyarakat.

PSBB dan Larangan Mudik Sumber Penekan Utama. Larangan mudik dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) memukul daya beli masyarakat, sehingga diprediksi menekan laju inflasi selama Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Masih Ada Pekerjaan Rumah di Lini Tengah. Upaya mewujudkan harga istimewa gas industri US$6 per MMbtu masih menyisakan sejumlah pekerjaan rumah. Salah satunya pengaturan ulang tarif biaya transmisi lewat pipa atau toll fee bagi badan usaha penyalur.

Target Penerimaan Sulit Diraih. Sejumlah pemerintah daerah memastikan bahwa target pendapatan asli daerah (PAD) bakal meleset tahun ini akibat pandemi Covid-19. Skenario new normal bahkan tidak akan mampu mendongkrak penerimaan secara signifikan.

Ganjil Genap Rentan Dipersoalkan. Kebijakan ganjil genap yang akan diimplementasikan pada fase kenormalan baru berpotensi dipermasalahkan publik jika pemerintah tidak mampu menyediakan angkutan umum yang memadai untuk protokol jaga jarak.

Tahap Lanjutan Penuh Tantangan. Dewan Perwakilan Rakyat dan pemerintah menyepakati opsi yang ditawarkan oleh KPU untuk menggelar pemilihan kepala daerah serentak di 270 daerah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota pada 9 Desember 2020.

Relaksasi Terhenti. Pemerintah akhirnya menyetop relaksasi tarif atas ekspor kelapa sawit, crude palm oil, dan produk turunannya menyusul terbitnya PMK No.57/PMK.05/2020 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit pada Kementerian Keuangan.

Pelonggaran & Risiko Digulung Gelombang Kedua. Langkah sejumlah negara melonggarkan lockdown kini dibayangi kekhawatiran akan kemunculan gelombang kedua wabah yang bisa kembali memukul telak ekonomi.

‘Berkah’ Pandemi Bagi BPJS Kesehatan. Pandemi virus corona memaksa masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kesehariannya. Akankah perkembangan kondisi kesehatan masyarakat itu memengaruhi klaim asuransi, khususnya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan?

UMKM Kontraktor Paling Rawan. Kredit konstruksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berpotensi menjadi segmen kredit paling rawan mengalami pemburukan kualitas tahun ini di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi pendapatan asli daerah covid-19
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top