Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Covid-19, Pengoperasian Tol Baru Tak Harus Ada Seremoni

Asosiasi Jalan Tol Indonesia mengungkapkan bahwa pengoperasian jalan tol baru tetap berlanjut meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 29 Mei 2020  |  19:36 WIB
Jembatan Ogan. Jembatan sepanjang 1,6 kilometer ini sudah memasuki tahap pengecoran terakhir dan menjadi bagian penting dari penyelesaian jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sejauh 111 kilometer. - Kementerian PUPR
Jembatan Ogan. Jembatan sepanjang 1,6 kilometer ini sudah memasuki tahap pengecoran terakhir dan menjadi bagian penting dari penyelesaian jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung sejauh 111 kilometer. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi Jalan Tol Indonesia mengungkapkan bahwa pengoperasian jalan tol baru tetap berlanjut meskipun di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Krist Ade Sudiyono mengatakan bahwa pengoperasian jalan tol baru akan dilakukan setelah proses uji laik fungsi dan uji laik operasi dilaksanakan oleh tim gabungan yang terdiri dari Kementerian PUPR, dinas perhubungan, Kepolisian, dan instansi terkait lainnya.

"Jadi, kalaupun di lapangan belum terjadi pengoperasiannya, saya kira masih dalam proses tersebut. Pihak Kementerian PUPR memastikan bahwa proses tersebut akan terus berjalan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," jelas Krist kepada Bisnis, Jumat (29/5/2020).

ATI mencatat setidaknya ada beberapa ruas yang konstruksinya rampung dan ditargetkan dapat beroperasi tahun ini yaitu jalan tol Trans-Sumatra ruas Kayu Agung—Jakabaring di Palembang, Manado—Bitung, Pekanbaru—Dumai, serta Balikpapan—Samarinda.

Dalam catatan Bisnis, terdapat dua ruas tol yang dioperasikan pada April 2020 ketika kondisi pandemi Covid-19, yaitu ruas tol Pandaan—Malang Seksi 5 Pakis—Malang sepanjang 3,1 kilometer dan ruas Kayu Agung—Palembang—Betung sepanjang 29,5 kilometer.

"Pihak Kementerian PUPR malah menyampaikan bahwa jika memang sudah siap dan sudah selesai proses uji laik fungsi dan laik operasinya, akan dioperasikan tanpa harus diadakan seremoni khusus," kata Krist.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol pandemi corona
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top