Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemulihan Aktivitas Dagang : Ini Syarat Operasional Pasar Rakyat

Pemerintah menetapkan sejumlah syarat bagi beroperasinya tempat-tempat kegiatan perdagangan di seluruh Indonesia, termasuk pasar rakyat yang menjual barang kebutuhan pokok masyarakat.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 29 Mei 2020  |  20:49 WIB
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5 - 2020). Pemerintah Kota Tegal menata para pedagang di lima pasar dengan menerapkan jaga jarak 1 meter antarpedagang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid/19. /ANTARA
Sejumlah pedagang menunggu pembeli di Pasar Bandung Kimpling, Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (2/5 - 2020). Pemerintah Kota Tegal menata para pedagang di lima pasar dengan menerapkan jaga jarak 1 meter antarpedagang sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid/19. /ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah menetapkan sejumlah syarat bagi beroperasinya tempat-tempat kegiatan perdagangan di seluruh Indonesia, termasuk pasar rakyat yang menjual barang kebutuhan pokok masyarakat.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perdagangan No. 12/2020 tentang Pemulihan Aktivitas Perdagangan yang Dilakukan pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan New Normal.

Dalam SE yang ditandatangani pada Kamis, 28 Mei 2020, diatur bahwa pada saat beroperasi, pasar rakyat tersebut wajib mematuhi sejumlah protokol kesehatan yang ketat.

Di luar hal-hal umum seperti wajib mengenakan masker, pelindung wajah, sarung tangan, surat edaran itu juga mengatur hal khusus lainnya, seperti:

Pertama, kewajiban bagi semua pedagang dan pengelola pasar serta organ pendukung negatif Covid-19.

Kedua, para pedagang diatur secara bergiliran dengan jarak antarpedagang minimal 1,5 meter.

Ketiga, adanya screening awal untuk memastikan suhu tubuh pedagang, pengelola pasar, dan organ pendukung, sebelum pasar dibuka.

Keempat, orang dengan gejala pernapasan, seperti batuk/flu/sesak napas, dilarang masuk.

Kelima, jumlah pengunjung maksimal 30 persen dari kondisi normal. Terkait dengan hal ini, akan ada pengawasan yang ketat di pintu masuk dan pintu keluar.

“Dalam rangka physical distancing, ruang terbuka-outdoor seperti tempat parkir, juga dioptimalkan untuk berjualan, dengan jarak antarpedagang minimal 2 meter,” tulis SE tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar rakyat pandemi corona
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top