Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelindo 1 Luncurkan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM)

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring mengatakan bahwa CRM merupakan metode mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis untuk memaksimalkan komunikasi dan pemasaran.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  20:51 WIB
Seorang petugas mengawasi kinerja alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di samping penumpang di terminal kedatangan Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Senin (27/1/2020). - Antara
Seorang petugas mengawasi kinerja alat pemindai suhu tubuh (thermal scanner) di samping penumpang di terminal kedatangan Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Senin (27/1/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 meluncurkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan manajemen hubungan pelanggan.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Syahputera Sembiring mengatakan bahwa CRM merupakan metode mengelola hubungan perusahaan dengan pelanggan pada level bisnis untuk memaksimalkan komunikasi dan pemasaran.

Hal ini dilakukan melalui pengelolaan berbagai aktivitas untuk meningkatkan hubungan dan keterikatan dengan pelanggan. Selain itu hal ini juga dilakukan untuk menelusuri informasi pelanggan.

“Mengingat dinamika industri dan pergeseran penting ke arah pengaturan yang berpusat pada pelanggan, kebutuhan akan manajeman hubungan pelanggan menjadi lebih penting, di mana terdapat proses yang melibatkan analisis dan evaluasi semua interaksi dengan pelanggan,” katanya melalui siaran pers, Rabu (20/5/2020).

Layanan CRM yang diluncurkan ini menggunakan basis portal yang bisa diakses melalui https://portals.pelindo1.co.id. Di dalamnya terdapat pilihan berbagai channel yang bisa digunakan.

Selain itu, lanjutnya, pelanggan juga bisa menggunakan layanan Call Center dengan Hot Line Number 1500 – 778 yang akan dilayani dengan Nona CERI atau Customer Care Pelindo 1.

Layanan ini merupakan sistem informasi terpusat yang terintegrasi dengan aplikasi CRM Pelindo 1 untuk menggali informasi dan menjawab kebutuhan pelanggan. Hal ini, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk meningkatkan layanan perusahaan bagi seluruh pelanggan Pelindo 1.

Layanan call centre ini juga memfasilitasi interaksi secara real time yang memungkinkan pelanggan berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung dan mudah dengan perwakilan perusahaan dari perangkat mobile yang digunakan.

Dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, lanjutnya, layanan ini semakin dibutuhkan karena adanya anjuran untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak dan mengurangi kontak langsung. Dengan adanya aplikasi ini, Pelindo 1   tetap dapat memaksimal layanan kepada  pengguna jasa melalui aplikasi ini.

“Aplikasi ini merupakan salah satu wujud modernisasi sistem layanan Pelindo 1 untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan kepada pengguna jasa,” katanya.

Penarapan aplikasi CRM ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses komunikasi perusahaan yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengoptimalkan kegiatan pemasaran, serta memaksimalkan nilai data pelanggan.

Syahputera menambahkan Pelindo 1 telah melakukan kegiatan sosialisasi dan end user training aplikasi CRM sejak awal 2020 di berbagai wilayah kerja, seperti Medan, Pekanbaru, dan Aceh.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan penggunaan aplikasi CRM serta dirangkai dengan pemberian apresiasi kepada pengguna jasa di cabang-cabang pelabuhan yang dikelola oleh pelindo 1.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo pt pelindo i
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top