Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI: Pertumbuhan Global Tahun 2020 Minus 2,2 Persen

Bisnis.com, JAKARTA – Efek pandemi Covid-19 bagi perekonomian global diperkirakan akan menyebabkan pertumbuhan pada akhir tahun terkontraksi atau tumbuh negatif di kisaran -2,2%.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  14:36 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (29/4 - 2020). Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Efek pandemi Covid-19 bagi perekonomian global diperkirakan akan menyebabkan pertumbuhan pada akhir tahun terkontraksi atau tumbuh negatif.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan pandemi ini telah menurunkan pertumbuhan ekonomi global. Namun, pengaruhnya terhadap ketidakpastian keuangan kini mulai mereda setelah sempat memuncak pada Maret.

“Sejalan dengan perluasan Covid dan upaya penggulangan yang dilakukan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I/2020 di banyak negara menurun tajam. Pertumbuhan ekonomi China, Eropa, Singapura, Filipina mengalami kontraksi di kuartal I, sementara AS turun secara mendalam menjadi 0,3 persen,” kata Perry, Selasa (19/5/2020).

Dia melanjutkan, perkembangan pada April menunjukkan risiko resesi global besar. Hal itu tercermin dari kontraksi manufaktur, jasa, dan keyakinan konsumen dan mengakibatkan volume dagang dunia kontraksi dan menurunnya harga komoditas dan minyak.

“Dengan proyeksi ini, BI memperkirakan ekonomi global hanya tumbuh negatif -2,2%. Proyeksi pertumbuhan 5,2% baru tumbuh pada 2021,” tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia Virus Corona covid-19
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top