Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Efisiensi saat Pandemi, Coworking Space Bisa Jadi Solusi

Pemanfaatan ruang di coworking space sebagai pengganti kantor dinilai bisa menjadi salah satu solusi efisiensi bagi perusahaan sebagai alternative sewa gedung.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 19 Mei 2020  |  16:15 WIB
Suasana coworking space WeWork di Sudirman, Jakarta Selatan. - Dok. Istimewa
Suasana coworking space WeWork di Sudirman, Jakarta Selatan. - Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Menghadapi pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang harus melakukan efisiensi biaya, termasuk untuk menyewa perkantoran. Pemanfaatan ruang di coworking space sebagai pengganti kantor dinilai bisa menjadi salah satu solusi.

Managing Director WeWork Southeast Asia & Korea Turochas “T” Fuad mengatakan, saat ini banyak perusahaan yang akan memilih fokus pada efisiensi operasional untuk membantu mereka pulih dari situasi Covid-19.

“Operator coworking space seperti WeWork ini, memiliki aturan pembiayaan yang fleksibel sehingga mampu membantu perusahaan mengurangi biaya yang dialokasikan untuk penyewaan dan operasional hingga 50 persen,” ungkapnya kepada Bisnis.com, Selasa (19/5/2020).

Adapun, dengan fleksibilitas tersebut, di tengah kondisi seperti ini WeWork juga masih terus berupaya menggali minat perusahaan yang tertarik untuk berpindah ke coworking space untuk melakukan efisiensi operasional.

WeWork Asia Tenggara juga telah mencatat peningkatan anggota dari perusahaan berskala besar. Di Indonesia sendiri WeWork mencatat peningkatan 4 persen terhadap jumlah anggota dari perusahaan besar sejak tahun lalu.

“Banyak dari mereka merupakan sektor-sektor yang memiliki banyak interaksi selama Covid-19. Misalnya perusahaan payment, digital, teknologi, farmasi, dan lainnya,” imbuh Turochas.

Strategi yang diterapkan pada masa pandemi ini antara lain berupa dukungan kepada perusahaan yang menjadi anggota terkait kebutuhan mereka untuk tetap berkembang. Perusahaan-perusahaan itu umumnya multinasional dan tertarik untuk ekspansi di Asia Tenggara.

“Dari sisi, lokasi kami cukup menunjang perusahaan yang ingin berkembang sehingga mereka melihat ini sebagai peluang untuk bermitra dengan WeWork,” ujarnya.

Adapun, terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19, Turochas menyebutkan WeWork membentuk gugus tugas perwakilan dari semua divisi untuk melakukan pengecekan setiap hari dan memberikan kabar serta situasi terbaru di setiap lokasi WeWork di Asia Tenggara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

properti
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top