Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BUMN Siapkan Protokol 'New Normal' Mulai 25 Mei

Kementerian BUMN meminta perusahaan pelat merah untuk membuat protokol itu agar menjadi penggerak perubahan menuju normal baru BUMN.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  14:49 WIB
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha
GEDUNG KEMENTERIAN BUMN Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan tidak ada instruksi untuk masuk kerja seperti biasa untuk karyawan perusahaan pelat merah berusia di bawah 45 tahun mulai pekan depan.

Deputi Bidang SDM, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan bahwa tanggal 25 Mei 2020 yang ramai diperbincangkan menjadi tanggal masuk karyawan BUMN adalah tidak tepat.

Menurutnya, tanggal 25 Mei 2020 justru merujuk pada tanggal BUMN harus merilis pedoman umum dan protokol kegiatan operasi di tengah kondisi pandemi Covid-19. Dia mengatakan hal ini merupakan bagian adaptasi menuju normal baru atau The New Normal.

“Jadi tanggal-tanggal itu bukan instruksi. Tapi sebagai pedoman umum bagi BUMN menyiapkan protokol menghadapi The New Normal,” katanya dalam konferensi pers, Senin (18/5/2020).

Dia menjelaskan Kementerian BUMN meminta perusahaan pelat merah untuk membuat protokol itu agar menjadi penggerak perubahan menuju normal baru BUMN. Hal ini tidak hanya meliputi cara beroperasi kembali BUMN, tapi juga menerapkan hal baru.

Alex beranggapan normal baru bukan berarti semua operasional BUMN akan kembali seperti semua. Menurutnya, operasional akan menyesuaikan dengan berbagai perubahan. Contohnya, untuk meeting dengan klien tidak akan lagi menggunakan pertemuan langsung.

“BUMN diharapkan jadi lokomotif masuk ke new normal. Karena kalau kita gagal masuk ke new normal, kita bisa masuk ke zona yang lebih berbahaya, yakni gelombang kedua. Atau kita terjebak pada business as usual,” ujarnya.

Terkait lini masa dalam beberapa fase operasional kembali BUMN, menurutnya hal ini juga belum sepenuhnya pasti. Tanggal operasional akan mengikuti arahan dan kebijakan pemerintah serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Adapun lini masa yang saat ini beredar menyesuaikan dengan skenario yang disiapkan pemerintah pusat. Namun, menurutnya, hal itu masih dapat berubah sesuai dengan perkembangan kebijakan di pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Persiapan menuju normal baru ini tertuang dalam Surat Menteri BUMN Nomor: S- 336 /MBU/05/2020. Dalam surat Menteri BUMN itu, skenario pemulihan kegiatan BUMN di masa wabah pada fase pertama akan dimulai pada tanggal 25 Mei 2020.

Pedoman umum pada fase itu yakni BUMN merilis protokol perlindungan karyawan, pelanggan, mitra bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya. Kemudian, karyawan berusia di bawah 45 tahun mulai berkantor, dan bekerja dari rumah bagi yang berusia di atas 45 tahun sesuai batasan operasi.

Lalu, memantau kondisi karyawan, penanganan karyawan terdampak. Pada fase pertama itu disebutkan, sektor industri dan jasa diminta membuka layanan cabang secara terbatas dan pengaturan jam masuk.

Kemudian, pembatasan kapasitas. Lalu, pembukaan pabrik, pengolahan, pembangkit, serta hotel dengan sistem shifting dan pembatasan karyawan masuk. Mal belum diperbolehkan buka, serta dilarang berkumpul.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BUMN BUMN kementerian bumn
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

Foto loadmore

BisnisRegional

To top